Polres Balangan Gelar Apel Pasukan Operasi Ketupat Intan 2022

OPERASI KETUPAT INTAN: Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin SIK didampingi Bupati Balangan H Abdul Hadi dan jajaran Forkopimda memberikan keterangan kepada wartawan terkait Operasi Ketupat Intan 2022 – Foto Dok

BORNEOTREND.COM - Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin SIK memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Intan 2022 di lapangan Mapolres Balangan, Jumat (22/04/2022) pagi.

Gelar Pasukan Operasi Ketupat Intan 2022 ini dilaksanakan dalam rangka wujud sinergi Polri dengan instansi terkait untuk mewujudkan masyarakat aman dan sehat dalam perayaan Idul Fitri 1443 H.

Apel ini dihadiri pula Bupati Balangan  H Abdul Hadi SAg, Forkopimda Kabupaten Balangan dan diikuti peserta apel yang terdiri dari personil TNI/Polri, Dishub Balangan, Satpol PP Balangan, PSC (Public Safety Center) 119 Balangan dan Saka Bhayangkara Balangan.

Dalam sambutannya, Kapolres Balangan AKBP Zaenal Arifin SIK mengatakan, pemerintah telah menetapkan libur Nasional Hari Raya Idul Fitri 1443 H/Tahun 2022 pada tanggal 2 dan 3 Mei 2022 dan juga menetapkan cuti bersama Idul Fitri 1443 H pada tanggal 29 April 2022 dan tanggal 4 hingga 6 Mei 2022. 

"Berbeda dengan Idul Fitri tahun lalu, pada tahun ini pemerintah memberikan kelonggaran kepada masyarakat untuk merayakan bersama keluarga, kegiatan mudik tidak dilarang dan tidak dilakukan penyekatan di jalur lintasan," ucap Kapolres Balangan.

Berdasarkan hasil survei Badan Litbang Kemenhub RI, diprediksi sekitar 85,5 juta masyarakat akan melaksanakan mobilitas/perjalanan selama lebaran. Walaupun situasi pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini sudah terkendali dimana tingkat penularan di bawah angka 1%, dengan positivity rate dan BOR rumah sakit berada di bawah standar WHO, namun pandemi belum sepenuhnya selesai. 

“Operasi Ketupat Intan 2022 dilaksanakan selama 12 hari mulai tanggal 28 April 2022 sampai tanggal 9 Mei 2022. Fokus pengamanan adalah 101.700 objek di seluruh Indonesia baik masjid, tempat wisata, pusat perbelanjaan, terminal, pelabuhan, stasiun kereta api dan bandara,” sebutnya. 

Pada dua minggu sebelum pelaksanaan operasi yaitu pada tanggal 14 sampai tanggal 27 April 2022, Polri juga telah melaksanakan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) dengan sasaran distribusi sembako, minyak goreng, penyakit masyarakat, miras, judi, prostitusi, narkoba, petasan, balon udara yang mengganggu penerbangan dan lain lain.

Adapun personil yang dilibatkan dalam Operasi Ketupat Intan 2022 Polres Balangan sebanyak 150 personil gabungan yang terdiri dari TNI/Polri, Dishub, Satpol PP, Damkar, PSC 119 Balangan dan Saka Bhayangkara Balangan yang akan ditempatkan di dua pos pengamanan dan pos pelayanan yang telah disiapkan.

Operasi Ketupat Intan 2022 difokuskan pada pengamanan kegiatan ibadah Ramadhan dan menjelang Idul Fitri 1443 H dan setelah lebaran Idul Fitri serta menjaga Sitkamtibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Balangan.

“Terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi aktif dalam apel Gelar Pasukan Operasi ini, semoga pengabdian yang kita laksanakan dengan penuh ihklas dalam rangka pengamanan Idul Fitri 1443 H ini akan menjadi catatan amal ibadah di hadapan Tuhan YME," tutup Kapolres.

Penulis: Sri Mulyani

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال