Daftar Jadi Calon Kepala/Wakil Kepala Daerah, H Sudiarto Siap Mundur Dari Kursi Dewan

MENDAFTAR: H Sudiarto saat mendaftar calon kepala/wakil kepala daerah Barsel di Sekretariat PAN Barsel – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALTENG - H Sudiarto SE yang merupakan kader Partai Amanat Nasional (PAN) secara resmi mendaftarkan diri sebagai kandidat calon kepala/wakil kepala daerah Kabupaten Barito Selatan (Barsel).

"Jadi siap maju untuk Pilkada Barsel mendatang walau dengan aturan saya mesti mundur dari kursi Dewan nantinya sebagai anggota DPRD Barsel," kata Sudiarto di Sekretariat PAN Barsel, Rabu (17/4/24).

Anggota DPRD Kabupaten Barito Selatan (Barsel) yang terpilih kembali untuk ketiga kalinya sebagai wakil rakyat untuk periode 2024-2029 ini juga menyatakan kesiapannya untuk maju sebagai calon kepala atau wakil kepala daerah setelah melalui pertimbangan politik.

Di antaranya berdasarkan hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) dimana perolehan suara partai yang meningkat secara signifikan.

H Sudiarto menganggap bahwa perolehan suara yang didapatkan merupakan bentuk legitimasi yang kuat oleh masyarakat sehingga partai yang menaunginya tersebut menjadi partai yang menempati posisi kursi unsur pimpinan Wakil Ketua I di DPRD Barsel.

"Jadi lewat berbagai pertimbangan ini akhirnya saya mantap untuk mendaftarkan diri sebagai bacalon kepala/wakil kepala daerah dengan terlebih dahulu berdiskusi dan meminta restu kepada ketua DPD dan Ketua Bappilu PAN Barsel serta rekan-rekan sesama kader dan seluruh simpatisan Partai Amanat Nasional," ungkap Sudiarto. 

Wakil rakyat ini kemudian secara resmi mendaftar di Sekretariat PAN Barsel, Rabu 17 April 2024. 

Hal ini, ujarnya, merupakan langkah awal untuk mengikuti dan berpartisipasi dalam kontestasi Pilkada 2024.

"Semoga ini menjadi sumber kebaikan dan kesuksesan serta keberkahan untuk kita semua dan setelah ini saya akan mendaftarkan diri ke partai PDI-Perjuangan," ucap Sudiarto pada saat menerima formulir pendaftaran bacalon kepala/wakil kepala daerah Barsel di sekretariat DPD PAN Barsel.

Sudiarto juga menambahkan bahwa selama beberapa periode belakangan belum ada anggota DPRD/wakil rakyat yang maju sebagai kandidat kepala/wakil kepala daerah di Barsel.

"Oleh itu saya sekali lagi menyatakan siap mundur dari posisi saya saat ini sebagai anggota DPRD untuk menjadi kandidat kepala daerah," tegasnya. 

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPD PAN Barsel, Ideham menyatakan dukungannya terhadap keputusan Sudiarto tersebut. 

Ideham menyatakan bahwa partai yang dipimpinnya siap mendukung kader terbaiknya untuk menjadi kepala/wakil kepala daerah.

"Kami siap mendukung kader PAN untuk terus maju dalam karir politiknya, bahkan tidak hanya mendukung tapi juga akan mensukseskan sampai berhasil. kami siap mengerahkan semua kekuatan partai untuk mensukseskan saudara kami H Sudiarto SE dalam Pilkada 2024", tegas Ideham.

Selain Ideham, Ketua Bappilu PAN Barsel, H Armada SE juga menyatakan kesiapannya dalam mensukseskan Pilkada 2024.

Pihaknya akan menghimpun seluruh kekuatan politik dan memaksimalkan jejaring partai untuk mendudukkan kader PAN sebagai kepala/wakil kepala daerah Barsel.

"Mengingat kekuatan politik PAN yang disokong oleh 3 anggota DPRD dan 1 anggota DPRD Provinsi. Kami pastikan semuanya akan bergerak untuk memastikan kesuksesan calon yang kami usung di Pilkada 2024 ini," pungkas Armada.

Penulis: Digdo

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال