Tiga Kecamatan Harus Ekstra Waspada Karhutla

DISKUSI: Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H Hairul Rijal saat memimpin Rakor Camat untuk penanganan kalhutra - Foto Dok Prokopim Tala

BORNEOTREND.COM- Memperhatikan cuaca dan suhu panas yang terjadi di wilayah Kabupaten Tanah Laut (Tala) akhir-akhir ini, Bupati Tala HM Sukamta melalui Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat H Hairul Rijal meminta para camat ekstra waspada terhadap potensi kebakaran hutan dan lahan (karhutla), khususnya Kecamatan Bati-Bati, Bajuin dan Tambang Ulang. 

Hal tersebut Ia sampaikan pada Rapat Koordinasi Camat, Kamis (11/5/2023) di Kantor Kecamatan Kurau.

"Tiga kecamatan ini, Bati-Bati, Bajuin dan Tambang Ulang potensi karhutlanya lebih besar. Jadi kami minta para camat untuk ekstra waspada. Jalin komunikasi dan koordinasi dengan pihak desa dan stakeholder terkait untuk mengantisipasi karhutla dan respon cepat penanggulangannya," ungkap Hairul Rijal.


Ia menambahkan, sembilan kecamatan lainnya juga harus waspada karena perubahan cuaca ekstrem bisa saja terjadi. Selain itu ia juga mendorong para camat untuk menjadi motor penggerak sosialisasi penanggulangan karhutla di wilayah masing-masing.

"Potensi besarnya memang di tiga kecamatan, namun sembilan kecamatan lainnya juga harus tetap waspada. Jangan sampai lengah karena suhu panas beberapa hari ini melanda semua wilayah. Lakukan sosialisasi kepada masyarakat agar bisa sama-sama mengantisipasi terjadinya karhutla," tambahnya.

Pada rapat tersebut juga dibahas terkait kesiapan menghadapi pemilihan kepala desa (Pilkades) dan menyikapi tahun politik pemilihan umum serentak 2024 mendatang. 

Turut hadir Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tala Arif Mukhyar, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tala Sahrudin, para camat dan para ketua Ikatan Kerukunan Kepala Desa (IKKD) se-Tala.

Sumber: Prokopim Tala

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال