Borneo In Harmony ke-4, Meriahkan Harjad Kota Banjarbaru ke-24

 

SIMBOLIS: Walikota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin saat membuka kegiatan Borneo In Harmony di Q Mall Banjarbaru - Foto Dok Gunawan

BORNEOTREND.COM- Tokoh Perkumpulan Dayak Kalsel menggelar Pagelaran Seni Budaya Dayak Borneo “Borneo In Harmony” ke-4 Tahun 2023, Kamis (11/5/2023) di Main Atrium Q Mall Banjarbaru.

Borneo In Harmony ke 4 ini digelar dari tanggal 11 – 14 Mei 2023, yang mana terdiri dari berbagai rangkaian acara yang dilaksanakan yaitu pagelaran seni dan budaya dayak, Pameran Produk Unggulan dan inovatif hingga Dayak Art Carnaval.

Kemudian ada juga berbagai perlombaan seperti lomba mewarnai anak, pentas tari dan puisi, lagu daerah dayak dan banjar, fashion show baju adat dayak, manyumpit untuk laki-laki dan perempuan, mewarnai motif dayak, serta banyak permainan lainnya.

Walikota Banjarbaru Aditya Mufti Ariffin saat membuka kegiatan mengatakan, kegiatan ini masih dalam rangkaian Hari Jadi Kota Banjarbaru ke-24 dan termasuk dalam Calendar Of Event 2023 Kota Banjarbaru Borneo In Harmony.

“Jadi kegiatan ini sebenarnya masuk dalam Calendar Of Event 2023 Banjarbaru, yaitu Borneo In Harmony. Alhamdulillah ini yang ke-4 kalinya,” ungkapnya.


Dirinya pun berharap, dengan adanya acara Borneo In Harmony ini, bisa mengenalkan budaya-budaya daerah, sekaligus menjadi cara untuk melestarikan budaya yang ada.

“Harapannya semoga dengan adanya kegiatan ini, bisa sekaligus menjadi cara untuk memperkenalkan budaya-budaya, keaneka ragaman, ras, suku dan agama di Kota Banjarbaru,” tuturnya.

“Ini juga menjadi salah satu cara untuk melestarikan budaya dan juga memperkenalkan kepada generasi muda, agar tau budaya-budaya yang ada didaerahnya,” tambahnya lagi.

Selain itu ia juga berharap kekayaan dari budaya-budaya ini akan terus terjaga dan semoga ini bisa menarik para wisatawan untuk datang ke Kota Banjarbaru.

Sementara itu, Ketua Perkumpulan Dayak Maratus Benyamin Uhil mengatakan, untuk pagelaran seni budaya dayak ini telah dilaksanakan sebanyak 4 kali.

“Pagelaran ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun Kota Banjarbaru, yang kebetulan juga masuk dalam Calendar Of Event 2023,” bebernya.

Dirinya juga menjelaskan, tujuan dilaksanakannya Pagelaran Seni Budaya Dayak ini untuk menggembangkan seni budaya dayak yang ada di Provinsi Kalsel.

“Tujuannya untuk mengembangkan budaya dayak dan juga sebagai penunjang parawisata yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan, khususnya Kota Banjarbaru,” pungkasnya.

Penulis: Gunawan

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال