Rahmadi: BUMDes Agar Semakin Aktif

 

Wabup Batola H Rahmadian Noor saat membuka kegiatan Bimbingan Teknis Peningkatan kapasitas Anggota BPD dan pengurus BUMDes se-Wanaraya.
(Foto: Prokopimda Batola)


BORNEOTREND.COM - Wakil Bupati Barito Kuala (Batola) H Rahmadian Noor membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kapasitas Anggota BPD dan Pengurus BUMDes se-Kecamatan Wanaraya. 

Kegiatan yang berlangsung di Hotel Rodhita Banjarmasin ini 36 anggota BPD dan 36 anggota BUMdes, Sabtu (21/05/2022) sore. 

Ketua pelaksana Trisno Subroto menyebut, bimtek ini digelar sebagai upaya memberikan bekal bagi anggota BPD maupun BUMdes untuk dapat meningkatkan pendapatan desanya. 

"Kita harapkan setelah pelatihan ini peserta bisa berkontribusi dalam peningkatan pendapatan Desa melalui BUMdesnya," jelasnya. 

Wabup berpesan, seluruh peserta agar lebih menggiatkan BUMdesnya masing-masing mengingat dari data baru 40 persen Bumdes dari 195 desa yang terdaftar di Kemendes yang benar-benar aktif. 

Pria yang juga menjabat Ketua PMI Batola berharap, angka ini bisa semakin ditingkatkan karena peran Bumdes pentingnya dalam peningkatan ekonomi desa. 

"Sepertinya BUMdes ini perlu kita buat grand desainnya agar pelatihan semacam ini bisa berkesinambungan dan berdampak pada semakin meningkatnya perekonomian masyarakat," tambahnya. 

Kepada para kades yang berhadir, Ketua Kwarcab Batola ini berpesan agar bisa menggerakkan masyarakatnya untuk menghidupkan Bumdes.

Ia mengatakan, kades merupakan penggagas dan penggerak Bumdes. Diyakini di tangan para di tangan para kades Bumdes bisa lebih aktif dan berkembang. 

"Tentunya bukan hanya tanggung jawab kades menghidupkan Bumdes namun membutuhkan peran seluruh pihak untuk menggerakkan ekonomi desa," ucapnya.

Terkait BPD, Rahmadi minta, para anggota BPD bisa menjalankan tugas dan fungsi dengan baik. 


"Pelatihan semacam ini menjadi penting dilakukan agar para anggota BPD bisa semakin memahami tupoksinya," pungkasnya.

Sumber: Prokopimda Batola


Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال