Dokter THT dan Kepala Leher di RSD Idaman Banjarbaru Berbagi Tips Menjaga Kesehatan Telinga

 

BERDENGUNG: Ada masalah ditelinga hendaknya dapat memeriksanya ke klinik spesialis THT dan Kepala Leher terdekat - Foto Dok RSD Idaman Banjarbaru

BORNEOTREND.COM, KALSEL- Dokter Spesialis Telinga Hidung Tenggorokan (THT) dan Kepala Leher Rumah Sakit Daerah (RSD) Idaman Kota Banjarbaru dr Rifa Septian Sp THT KL mengatakan, masalah telinga yang sering dialami antara lain dikarenakan beberapa sebab, diantaranya infeksi telinga, telinga berdengung atau berdenging, gangguan pendengaran, dan tuli mendadak.

Lantas, bagaimana menjaga kesehatan telinga?

"Pertama hentikan kebiasan mengorek telinga. Kedua jauhkan telinga dari suara yang terlalu keras. Ketiga hindari penggunaan ear candle. Keempat menjaga telinga agar tetap kering. Lalu kelima yaitu melakukan pemeriksaan telinga secara rutin," ujarnya.


Dijelaskannya, menghentikan kebiasaan mengorek telinga mengingat penumpukan kotoran telinga menyebabkan telinga gatal/tersumbat.

"Banyak orang menggunakan cotton bud, penjepit kertas, atau bahkan jepitan rambut untuk membersihkan sehingga bisa melukai telinga dan membuat kotoran telinga bertambah masuk ke dalam," tambahnya.

Selain itu dirinya juga mengajurkan agar menjauhkan telinga dari suara keras seperti penggunaan earphone. Kalau pun digunakan tidak terus menerus cukup satu jam, lalu beri waktu telinga istirahat sekitar lima menit.

"Juga volume suara, hindari mendengar musik dengan suara keras dan jangka waktu lama karena bisa merusak telinga," timpalnya lagi.

Selanjutnya menghindari penggunaan ear candle karena tidak terbukti efektif dan manfaatnya belum jelas.  

"Malah cenderung berbahaya dan bisa menyebabkan cedera pada telinga," jelasnya.

Kemudian menjaga telinga agar tetap kering. 

"Telinga basah atau lembab bisa menyebabkan bakteri atau jamur berkembang biak. Jadi bilamana berenang, maka gunakan penyumbat telinga,” sarannya.

Jika air masuk ke dalam telinga, segera miringkan kepala untuk mengalirkan air keluar.

Lalu yang tidak kalah penting selalu mengeringkan telinga dengan handuk yang bersih dan kering setiap selesai berenang atau mandi.

"Lakukan juga pemeriksaan telinga secara rutin dimaksudkan menjaga kesehatan telinga dan mendeteksi bila ada gangguan telinga. Pemeriksaan bertujuan evaluasi kondisi kesehatan telinga dan fungsi pendengaran. Saran saya pemeriksaan kesehatan telinga ke dokter THT setiap enam bulan atau setahun sekali," ungkapnya.

Jika masih memiliki masalah dengan telinga, salah satunya terasa berdengung, maka hendaknya dapat segera memeriksanya ke RSD Idaman Banjarbaru.

Hal itu karena di RSD Idaman Banjarbaru kini sudah memiliki dokter spesialis THT dan Kepala Leher yang siap menerima dan memeriksakan telinga Anda maupun berkonsultasi.

Adapun jadwal prakteknya yaitu Senin, Selasa dan Kamis setiap pukul 08.00 sampai 12.00 Wita. Kemudian, jadwal lainnya adalah Jumat pukul 08.00 sampai dengan 10.00 Wita.

Sumber: RSD Idaman Banjarbaru

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال