Potensi Pasar Terbuka Lebar, Aditya Dorong Para Peternakan Kambing Ciptakan Produk Unggulan

PENYERAHAN PIALA: Wali Kota Banjarbaru, H M Aditya Mufti Ariffin bersama Kepala DKP3 Banjarbaru menyerahkan trophy kepada pemenang kontes kambing terfavorit - Foto Dok H Faidur


BORNEOTREND.COM, KALSEL– Pemerintah Kota Banjarbaru melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3), menyelenggarakan Kontes Ternak Kambing se-Kalimantan sebagai rangkaian Hari Jadi Kota Banjarbaru yang ke-25, Sabtu (2/3/2024) di Jalan Abadi III, Guntung Manggis, Kota Banjarbaru, Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel). 

Wali Kota Banjarbaru, H M Aditya Mufti Ariffin mengungkapkan sektor peternakan kambing di Banjarbaru memiliki peluang usaha yang sangat besar.

"Dengan adanya permintaan ternak kambing yang terus meningkat setiap tahunnya, tentu hal ini harus disikapi melalui langkah strategis baik dari segi populasi dan kualitas," ungkapnya.


Dirinya mengingatkan, melalui kontes pada hari ini para peternak bisa menciptakan produk yang berasal dari kambing untuk meningkatkan nilai perekonomian.

"Kalau tadi perihal populasi dan kualitas, makajuga harus ada pengolahan produk dari ternak kambing dari peternak seperti sosis kambing," ujarnya.

Sementara itu, Kepala DKP3 Kota Banjarbaru, Abu Yazid Bustami mengatakan, telah melakukan pembinaan kepada 57 peternakan dengan jumlah 285 orang.

"Dari tahun 2022 terdapat 15 ribu ekor kambing yang masuk ke Banjarbaru, 2023 terjadi peningkatan menjadi 25 ribu ekor untuk keperluan konsumsi," bebernya.

"Para peternak di Banjarbaru hanya mampu memenuhi 30%, sedangkan 70% sisanya dari luar," tambahnya.

Lebih lanjut, dirinya menyampaikan bahwa program andalan Pemerintah Kota Banjarbaru, yakni RT Mandiri khususnya pada sektor peternakan masuk kategori sangat berhasil.

"Semoga kedepannya Banjabaru menjadi pasar dan budidaya peternak kambing yang bisa menjadi icon Kota Banjarbaru," tuturnya.

Untuk diketahui, Ternak Kambing se-Kalimantan yang dilaksanakan pada hari ini diikuti sebanyak 125 peserta, serta merupakan kontes kambing ke-2 yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Banjarbaru.

Penulis: H Faidur 

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال