Di Reses Terakhir, Samosir di “Curhati” Warga Tentang Sulitnya Mengajukan Akses Bantuan Sosial Dari Pemerintah

DISKUSI: Anggota DPRD Banjarmasin Saut Nathan Samosir saat menggelar reses perorangan bersama warga Kelurahan Pelambuan – Foto Dok Arief 

BORNEOTREND.COM- Sulitnya mengajukan diri untuk bisa mendapatkan berbagai akses bantuan sosial dari Pemerintah, kembali menjadi sorotan dalam Reses Perorangan yang digelar oleh Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banjarmasin Saut Nathan Samosir bersama warga Kelurahan Pelambuan, Minggu (16/4/2023) lalu di Kedai 99 Trisakti Banjarmasin.

Melihat kenyataan tersebut, Samosir sapaan akrabnya berharap, instansi terkait dalam hal ini Kelurahan hingga Dinas Sosial (Dinsos) bisa terbuka kepada masyarakat terkait apa saja syarat dan mekanisme yang harus dipenuhi masyarakat untuk bisa mendapatkan akses bantuan sosial dari Pemerintah.

“Jadi terbuka saja kepada masyarakat tentang apa saja syarat dan mekanismenya. Supaya mereka yang memang benar-benar layak menerima bisa ikut mengajukan diri secara mandiri, walau pun keputusan akhir biasanya ada ditangan Pemerintah Pusat,” ujar Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini.


Baginya keterbukaan ini juga penting agar masyarakat juga mengawasi mereka yang sudah mendapatkan akses bantuan sosial.

“Jadi kalau mereka tau syaratnya, mereka juga bisa ikut mengawasi yang sudah dapat. Apakah mereka yang sudah dapat ini memang layak atau sebaliknya,” tambahnya.

Selain persoalan akses bantuan sosial, permasalahan lainnya yang juga mengemuka adalah masih kurangnya fasilitas Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) dan Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) di Kecamatan Banjarmasin Barat.

“Ini katanya ada yang kurang sinkron antara Dinas Pendidikan Provinsi Kalsel dan Kota Banjarmasin. Di Provinsi sudah siap anggarannya asal lahannya dari Pemerintah Kota siap. Nanti saat Rapat Dengar Pendapat bersama dinas terkait akan saya tanyakan terkait masalah itu,” timpal Owner Ekspedisi Lintas Jawa Group tersebut.


WAWANCARA: Anggota DPRD Banjarmasin Saut Nathan Samosir - Foto Dok Arief

Sementara itu, Annisa, salah satu warga Kelurahan Pelambuan mengaku senang dengan adanya kegiatan reses kali ini. Karena ia bisa bertatap muka langsung dengan wakilnya di DPRD Banjarmasin.

“Selain itu saya juga senang hari ini bisa mengetahui secara detail tentang mekanisme pengajuan untuk bisa mendapatkan bantuan sosial dari Pemerintah. Karena saya ingin mengajukan tentangga rumah yang perlu perhatian dari pemerintah,” tukasnya.

Penulis: Arief Rahman

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال