Sampaikan Usulan di Musrenbang, Mayoritas Warga Kelurahan Selat Dalam Ingin Pembangunan Fisik

MUSRENBANG: Warga Kelurahan Selat Dalam berkumpul di Aula Kantor Lurah setempat untuk menyampaikan usulan pembangunan dalam kegiatan Musrenbang – Foto Dok

BORNEOTREND.COM – Mayoritas masyarakat di Kelurahan Selat Dalam, Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas menginginkan pemerintah daerah melanjutkan pembangunan fisik atau infrastruktur.

Keinginan ini mereka utarakan dalam forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) yang digelar Pemerintah Kelurahan Selat Dalam untuk usulan pembangunan tahun 2024 di Aula Kantor Lurah Selat Dalam, Selasa (17/1/2023).

Camat Selat, Yaya Setiabudi SSos MA menyebutkan, usulan dominan dari masyarakat menginginkan pembangunan fisik, meski demikian pihaknya juga tetap menyarankan agar tetap juga memasukkan program non fisik khususnya peningkatan SDM dan pemberdayaan masyarakat di segala sektor.

"Harapan kami selaku pemerintah Kecamatan Selat tentunya sangat mengharapkan mudah-mudahan usulan dari masyarakat bisa tercover (terjaring), tetapi kita pahami bersama tentunya kita harus melihat yang mana prioritas dengan melihat persediaan anggaran yang ada," kata Yaya.

Camat mengungkapkan bahwa berbagai usulan masyarakat hasil musrenbang ini ditampung untuk kemudian dibahas bersama di tingkat kecamatan agar dapat ditentukan skala prioritas pembangunan sehingga pembangunan ke depan dapat semakin baik.

"Kami melihat dalam musrenbang yang dilaksanakan, tampak masyarakat antusias memberikan usulan-usulan. Tadi kami sudah mendengar semua usulan masyarakat dari tingkat bawah dan kita akan mengawal usulan-usulan tersebut, kita akan rekap dan menjadikan skala prioritas di tingkat kecamatan untuk dibahas bersama," ujar Camat Yaya.

Sementara itu, Lurah Selat Dalam, Fahmi Ridiannoor ST mengungkapkan bahwa Musrenbang Kelurahan ini adalah forum dialog masyarakat Kelurahan Selat Dalam untuk menyampaikan usulan perencanaan pembangunan di masa yang akan datang. 

"Kegiatan ini sangat penting guna mendengar anspirasi masyarakat untuk merencanakan pembangunan apa saja yang dibutuhkan untuk dilaksanakan pada tahun anggaran 2024," jelasnya.

Bukan hanya di Kelurahan Selat Dalam, beberapa hari terakhir ini Musrembang tingkat kelurahan maupun desa juga berlangsung di setiap desa dan kelurahan di Kabupaten Kapuas.

Penulis: Fridol

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال