Baguna Kalsel Akan Susun Struktur Kepengurusan Hingga ke Kecamatan

PERTEMUAN: Baguna Kalsel bertemu dalam kegiatan kemah siaga bencana Baguna se-Kalimantan Selatan yang diadakan di Kiram Park – Foto Dok


BORNEOTREND.COM – Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPD PDIP Perjuangan Kalimantan Selatan akan membentuk struktur kepengurusan yang jelas hingga ke tingkat kecamatan dalam waktu dekat.

Keinginan ini terungkap dalam rapat konsolidasi pada kegiatan kemah siaga bencana Baguna se-Kalimantan Selatan yang diadakan di Kiram Park tanggal 14 hingga 15 Januari 2023 tadi.

Kepala Baguna Kalsel, Rizal Nagara mengatakan, selain membentuk struktur kepengurusan cabang yang belum jelas, Baguna Kalsel juga akan membuat Surat Keputusan (SK) terkait belum adanya Kepala Baguna definitif.

“Harus segera kita perbaiki dan koordinasikan dengan DPC serta Baguna daerah, agar sebelum bulan Juni 2023 sudah semua Baguna Cabang terstruktur organisasi di tingkat Cabang hingga Kecamatan,” ucapnya.

Rekomendasi kedua, lanjut dia, Baguna Kalsel juga tidak hanya fokus kepada penanganan bencana alam, tapi akan bersinergi dan berkolaborasi dengan BKKBN untuk terlibat aktif turun ke masyarakat membantu mengatasi permasalahan stunting dan gizi buruk.

Untuk memotivasi personel Baguna Cabang, Rizal merekomendasikan kegiatan Kemah Siaga Bencana diusahakan akan selalu diadakan setiap tahun.

Dalam setiap tahunnya akan selalu ada nominasi Baguna Cabang teraktif sebagai bentuk reward dan motivasi bagi Baguna Cabang lainnya untuk lebih aktif, yang mana pada tahun 2022, Baguna teraktif diberikan kepada Baguna Cabang Tanah Bumbu.

"Rekomendasi terakhir, kita juga komitmen agar Baguna Cabang se-Kalsel aktif di media sosial dan media online, agar setiap kegiatan Baguna se-Kalimantan Selatan selalu mempunyai jejak digital dan sebagai laporan pertanggungjawaban partai kepada masyarakat di bidang sosial, kemanusiaan dan penanggulangan bencana," pungkasnya.

Kegiatan Kemah Siaga Bencana ini turut mengundang Kepala BKKBN Kalsel, Kepala BMKG Kalsel, BPBD Bidang Kedaruratan, dan Instruktur Basarnas untuk melakukan simulasi water Rescue di Danau Kiram Park.

Penulis: Fathur

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال