ASN Harus Jadi Teladan Dalam Upaya Mencegah Penyalahgunaan Narkoba

TES URINE: Salah seorang ASN menyerahkan urine kepada petugas untuk dites apakah mengandung narkoba atau tidak - Foto Dok


BORNEOTREND.COM - Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) mengikuti tes urine yang diselenggarakan Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) HSU bekerjasama dengan RSUD Pambalah Batung Amuntai di Aula KH Dr Idham Chalid, Selasa (27/12/2022).

Penjabat (Pj) Bupati HSU melalui Plt Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, Adi Lesmana meminta para ASN menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat dalam upaya pencegahan penyalahgunaan nakotika dan obat-obatan terlarang (narkoba).

"Kita harus memberikan contoh yang terbaik agar masyarakat jangan terlibat penyalahgunaan narkotika, obat-obatan terlarang di daerah, karena ASN dituntut juga harus menjadi contoh terbaik. Kegiatan tes urine ini juga sesuai dengan amanat Permendagri sebagai bahan evaluasi oleh Pemerintah Pusat serta Kepala BNNK HSU juga memberitahukan hasil dari kegiatan tes urine kali ini, hasilnya negatif," ungkapnya.

Kepala BNNK HSU, Kompol Syamsuddin menyampaikan, pelaksanaan kegiatan ini didasari instruksi Presiden Nomor 02 tahun 2020 terkait P4GN (Pemberantasan, penyalahgunaan, Peredaran Gelap Narkotika) yang ditujukan kepada instansi maupun lembaga termasuk di dalamnya adalah Kementerian Dalam Negeri.

Adapun kegiatan tes urine ini juga akan dilaporkan ke Kemendagri, BNN RI yang mana nanti oleh BNN RI akan disampaikan kepada Presiden RI.

Pada kesempatan itu, Kompol Syamsuddin mengucapkan terima kasih banyak kepada Pemerintah Daerah atas dukungannya sehingga kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik.

"Jadi tahun 2021 kemarin, kami juga telah melaksanakan kegiatan tes urine 100 persen dan Alhamdulillah hasilnya semuanya negatif dan diharapkan untuk kegiatan tes urine pada hari ini di penghujung tahun 2022 berjalan baik dan dapatkan hasil yang baik," katanya.

Sekedar informasi, kegiatan ini juga diikuti oleh ASN mewakili OPD atau SKPD masing-masing yang dipilih secara acak.

Penulis: Fathur

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال