Bupati Kapuas Buka MTQ ke-45 Tingkat Kabupaten Kapuas

PEMBUKAAN MTQ: Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT dan unsur Forkopimda memukul gendang sebagai tanda pembukaan MTQ ke-45 Tingkat Kabupaten Kapuas – Foto Dok

BORNEOTREND.COM – Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke-45 Tingkat Kabupaten Kapuas resmi digelar di Gedung Olahraga Panunjung Tarung Kuala Kapuas ditandai dengan pemukulan gendang secara simbolis bersama oleh Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat MM MT serta sejumlah unsur Forkopimda, Kamis (26/5/2022).

MTQ kali ini diikuti oleh seluruh Kecamatan yang ada di wilayah Kabupaten Kapuas. Mereka mengirimkan masing-masing kontingen atau kafilahnya untuk mengikuti berbagai cabang lomba yang diselenggarakan.

Tampak hadir dalam kegiatan pembukaan tersebut, Wakil Bupati Kapuas Drs HM Nafiah Ibnor MM, Sekda Kapuas Drs Septedy MSi, Unsur Forkopimda Kapuas, Ketua LPTQ Kapuas KH Muchtar Ruslan, Sekretaris LPTQ H Suwarno Muriyat, Tokoh Agama dan tamu undangan lainnya.

Bupati Kapuas Ir Ben Brahim S Bahat dalam sambutannya mengatakan bahwa Musabaqah Tilawatil Qur’an sebagai sarana untuk mendekatkan umat kepada Al-Qur’an melalui gerak dan suara lisan dengan diiringi kesholehan, demi mempertebal keimanan dan keislaman.

Bupati juga mengharapkan melalui kegiatan MTQ yang digelar ini dapat melahirkan peserta yang terbaik dari seluruh cabang perlombaan guna mengangkat nama baik Kabupaten Kapuas untuk mengikuti event MTQ tingkat provinsi berikutnya.

“Atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kapuas, saya menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang sudah mendukung, sehingga kegiatan MTQ ke-45 Tingkat Kabupaten Kapuas ini dapat terlaksana untuk beberapa hari ke depan,” ucapnya.

Tidak lupa, Bupati mengajak seluruh masyarakat untuk selalu menjaga kerukunan dan kedamaian antar sesama, tanpa membedakan satu dengan yang lainnya agar terciptanya kedamaian dan kesejahteraan di wilayah Kabupaten Kapuas.

“Kita bangga Kabupaten Kapuas selama ini menjadi wilayah yang damai dan hal ini terbukti dengan telah didapatnya berbagai penghargaan dari Kementerian terkait kedamaian dan kerukunan di Kabupaten Kapuas yang sudah terjaga selama ini,” sambung Ben Brahim.

Di kesempatan yang sama, Ketua Umum LPTQ Kabupaten Kapuas KH Muchtar Ruslan melaporkan untuk pelaksanaan MTQ ke-45 Tingkat Kabupaten Kapuas tahun 2022 diikuti oleh 17 Kecamatan dengan peserta lomba sebanyak 335 orang.

Adapun waktu pelaksanaanya mulai dari 26-29 Mei 2022 dan digelar di beberapa lokasi diantaranya MAN Kapuas, MTsN, MIN 1 Kapuas dan Auditorium STAI Kuala Kapuas.

Sementara itu, Kepala Kemenag Kapuas H Hamidhan berpesan kepada para Dewan Hakim yang baru saja dilantik agar dapat menjalankan tugas sesuai keahlian dan kompetensinya masing-masing selama pelaksanaan MTQ ini.

Pada kesempatan itu pula, dilakukan penyerahan piala bergilir Juara Umum MTQ ke-44 dari Kecamatan Selat ke Bupati Kapuas yang selanjutnya diserahkan kepada Ketua LPTQ Kabupaten Kapuas untuk diperebutkan kembali.

Penulis: Fridol

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال