UMKM Bakal Dapat Pembiayaan Tanpa Bunga, Pemko Banjarmasin dan Bank Kalsel Tandatangani PKS BAHUMA

 

SIMBOLIS: Penandatanganan PKS oleh Pemko Banjarmasin dan Bank Kalsel untuk merealisasikan program BAHUMA - Foto Dok


BORNEOTREND.COM- Pemerintah Kota (Pemkot) Banjarmasin dan Bank Kalsel secara resmi melakukan Perjanjian Kerjasama (PKS) terkait Integrasi Program Bausaha Tanpa Bunga (BAHUMA), Rabu (27/4/2022) di Ruang Rapat Baiman Kantor Pemko Banjarmasin.

Adanya PKS ini tentunya merupakan kabar gembira bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Banjarmasin. Hal itu karena setelah PKS ini, UMKM yang pemiliknya berdomisili di Kota Banjarmasin dan sudah mengajukan diri serta terseleksi, berkesempatan mendapatkan kredit tanpa bunga yang diambil dari subsidi CSR Bank Kalsel.

Dalam sambutannya, Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina berterima kasih kepada Bank Kalsel yang sudah mau memberikan dukungan dalam program BAHUMA ini.

“Jadi untuk seluruh UMKM yang mendaftar dan terseleksi punya kesempatan mendapatkan modal usaha dengan bunga nol persen. Rencananya dana yang disiapkan dengan program ini mencapai Rp3 Miliar untuk 2 tahun pelaksanaan,” tegasnya.


Memang diakuinya, untuk saat ini program BAHUMA masih diprioritaskan kepada UMKM di Kota Banjarmasin yang ikut dalam program Wirausaha baru. Namun kesempatan tetap dibuka bagi UMKM lama yang sudah terdaftar serta memiliki izin.

“Intinya daftar dan ikuti seleksinya dulu. Kalau memang kita lihat layak maka tentu akan kita berikan program BAHUMA ini,” tambahnya.

Melalui program ini dirinya berharap pelaku UMKM baik itu pengrajin sasirangan, usaha kuliner, sektor Ekonomi Kreatif dan jenis usaha lainnya bisa terbantu dan dapat mengembangkan lagi usahanya.

“Lalu saya juga himbau kepada UMKM yang mendapatkan program ini agar dana yang diberikan dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk keperluan usahanya, bukan untuk keperluan komsumtif,” tukasnya.

Penulis: Arief Rahman
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال