Raih Opini WTP 11 Kali Berturut-turut, Bupati Zairullah Ajak 12 Kepala Daerah Baca Solawat Badar

AJAK BACA SHOLAWAT: Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar mengajak 12 kepala daerah di Provinsi Kalsel untuk membaca Sholawat Badar – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALSEL – Bupati Tanah Bumbu HM Zairullah Azhar mengajak 12 Kepala Daerah di Provinsi Kalimantan Selatan untuk membaca Sholawat Badar.

Ajakan ini diserukan Zairullah menyusul diberikannya opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Perwakilan wilayah Provinsi Kalimantan Selatan Tahun 2023 kepada Kepala Daerah dari 13 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Selatan, bertempat di Kantor BPK RI Perwakilan Kalimantan Selatan Banjarbaru, Selasa (7/5/2024).

Dalam acara tersebut, Bupati Zairullah Azhar mengajak seluruh kepala daerah untuk berdiri dan membaca Sholawat Badar agar semua apa yang diniatkan dalam melaksanakan pembangunan daerah masing-masing dapat dikabulkan oleh Allah SWT.

Untuk diketahui, Kabupaten Tanah Bumbu sendiri kembali meraih opini WTP 11 kali berturut-turut.

Atas raihan ini, Bupati Zairullah Azhar dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang mendalam kepada BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan, atas telah selesainya pemeriksaan dan penyusunan LHP pada Laporan Keuangan Pemerintah Daerah tahun anggaran 2023.

“Selain itu, saya juga menyampaikan penghargaan yang tinggi kepada BPK RI yang selama ini sangat membantu dan mendorong kami, baik dalam rangka pemeriksaan keuangan pemerintah daerah, maupun dalam rangka merealisasikan sistem pemerintahan yang baik dan bersih (Good Governance dan Clean Goverment) pada sistem pengadministrasian keuangan dan aset daerah,” ujarnya.

Zairullah mengatakan, seluruh Pemerintah Daerah Wilayah Provinsi Kalimantan Selatan, berkomitmen akan segera menyelesaikan tindak lanjut atas Laporan Hasil Pemeriksaan, sebagai bentuk kepatuhan Pemerintah Daerah terhadap peraturan Per Undang-Undangan, juga guna meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan daerah.

“Selanjutnya, kami juga mengucapkan syukur atas keberhasilan semua Kabupaten/Kota yang berada di wilayah Provinsi Kalimantan Selatan dapat meraih opini WTP, terkhusus Kabupaten Tanah Bumbu yang telah meraih opini WTP 11 tahun berturut-turut,” ujarnya. 

Hal ini, kata Bupati, merupakan suatu apresiasi yang patut dibanggakan, keberhasilan meraih opini WTP tak lepas dari sinergitas eksekutif dan legislatif.

Oleh karenanya, Kata Zairullah, Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu optimis untuk dapat selalu meraih opini WTP untuk tahun-tahun selanjutnya, karena hal ini merupakan bentuk tekad yang dilandasi komitmen seluruh jajaran pemerintah kabupaten Tanah Bumbu.

“Upaya meraih opini WTP menjadi semakin mendesak bagi kami untuk menjawab kepercayaan yang telah diamanahkan guna mewujudkan Wilayah Bebas Korupsi atau WBK, sebagai salah satu agenda reformasi,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala BPK RI perwakilan wilayah provinsi Kalimantan Selatan Rahmadi megapresiasi setinggi-tinginnya kepada seluruh Kepala Daerah dan Ketua DPRD yang telah hadir untuk menerima LHP tahun 2023.

Rahmadi mengatakan, pemeriksaan yang dilakukan oleh BPK bertujuan untuk memberikan pemilaian terhadap pelaporan keuangan pemerintah daerah dengan beberapa kreteria diantarannya Kesesuaian pelaporan keuangan Kecukupan bukti laporan keuangan serta Kepatuhan terhadap perudang undangan yang berlaku.

“Oleh sebab itu, melalui opini WTP, kami berharap pemerintah daerah terus bekerja keras dalam melaksanakan pengelolaan dan pelaporan keuangan secara akuntabel, bersih dan efektif,” tegasnya.

Penulis: Jack

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال