Wakil Ketua DPRD Balangan Apresiasi Inovasi OJEK IBU PERGI Puskesmas Juai

Wakil Ketua DPRD Balangan Hanil Tamjid – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALSEL - Anggota DPRD Balangan, Hanil Tamjid mengapresiasi Inovasi OJEK IBU PERGI yang diluncurkan Puskesmas Juai.

Inovasi OJEK IBU PERGI merupakan singkatan dari Ojek Ibu Hamil Pemeriksaan LAB dan USG, dimana petugas puskesmas melakukan antar jemput ibu hamil atau ibu yang memiliki anak balita namun tidak memiliki alat transportasi.

Wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) 2 yang meliputi Kecamatan Juai dan Halong ini menilai, inovasi ini sangat membantu mengantisipasi kematian ibu hamil ataupun bayi.

“Misalnya, pada saat ibu hamil ada keluhan atas kehamilannya dan mau melakukan pemeriksaan ke puskesmas atau ke rumah sakit tapi terkendala transportasi, maka OJEK IBU PERGI bisa membantu. Jadi melalui inovasi tersebut para ibu hamil bisa terbantu untuk pergi ke Puskesmas,” ujarnya. 

Hanil yang juga menjabat Wakil Ketua DPRD Balangan ini kemudian mengharapkan inovasi yang diluncurkan Puskesmas Juai ini bisa menjadi contoh bagi puskesmas lainnya di Kabupaten Balangan.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Juai, dr Ismawati menjelaskan, inovasi OJEK IBU PERGI ini merupakan salah satu strategi yang bertujuan untuk para ibu hamil mendapatkan haknya untuk melakukan pemeriksaan Laboratorium dan pemeriksaan USG di saat kehamilan walaupun tidak ada pihak keluarga yang bisa mengantar. 

“Adapun cara kerja atau operasionalisasi inovasi ini yaitu melakukan pendataan ibu hamil, melakukan pemeriksaan awal ibu hamil, melengkapi buku KIA, mendapatkan umur kehamilan, membuat dan menghitung jadwal pemeriksan laboraturium dan pemeriksaan USG di Trimester 1 2 dan 3, serta membuat janji hari yang ditentukan untuk pergi ke Puskesmas dan juga ke Rumah Sakit,” jelasnya.

Penulis: Sri Mulyani

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال