H Marlan Pastikan Maju Jadi Calon Bupati, Ingin Bangun Tabalong Sukses Jadi Penyangga IKN

 

SAMBUTAN: Calon Bupati Tabalong H Marlan - Foto Dok Arief

BORNEOTREND.COM, KALSEL- Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Tabalong sepertinya bakal semakin menarik. 

Tidak majunya kembali Bupati Tabalong Drs. H. Anang Syakhfiani, M.Si karena sudah memimpin daerah tersebut selama 2 periode, membuat banyak pihak berminat untuk melanjutkan kepemimpinan di Tabalong pada periode 2024 – 2029 mendatang.

Tidak terkecuali politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang juga seorang pengusaha sukses di Tabalong, H Marlan, yang menyatakan minatnya untuk membangun Kabupaten Tabalong.

Modal keterkenalan, sosial hingga raihan 5 kursi dari PKB di Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 yang dipimpinnya di Kabupaten Tabalong, membuatnya cukup yakin dapat maju untuk Tabalong 1 pada Pilkada Tahun 2024 ini.

“Niat saya ingin maju menjadi Tabalong 1 tidak untuk pribadi, semata-mata hanya untuk masyarakat. Karena bagi saya di politik ini tidak lagi untuk cari keuntungan, tapi memang untuk sebuah pengabdian saja,” tegasnya, Jumat (5/4/2024).


Dirinya pun melihat saat ini Kabupaten Tabalong kedepannya memiliki tantangan serius, khususnya agar mampu menjadi daerah penyangga Ibu Kota Negara (IKN) baru di Provinsi Kaltim.

“Ini yang menjadi perhatian utama saya nantinya, agar bagaimana caranya Kabupaten Tabalong mampu menjadi daerah penyangga IKN. Agar tidak hanya menjadi penonton maka kita harus mulai persiapkan dari sekarang, mulai dari SDM, ketersediaan pangan hingga kesiapan kita menjadi salah satu daerah industry kedepannya,” tambahnya.

Agar bisa mewujudkannya menjadi seorang kepala daerah di Kabupaten Tabalong, dirinya pun saat ini mulai membuka peluang koalisi dengan calon maupun partai lain agar dapat maju di Pilkada Tabalong Tahun 2024.

“Kita juga sudah mulai membentuk jaringan hingga ke daerah. Langkah ini kita lakukan sebagai bukti kita serius untuk mengabdi dan membangun Kabupaten Tabalong kedepannya,” timpalnya lagi.

Sebelumnya, Lembaga Studi Politik dan Pemerintahan (LSPP) Provinsi Kalsel baru saja merilis sejumlah kandidat yang punya elektabilitas tinggi untuk di usung pada Pilkada di tahun 2024 mendatang.

Khusus di Kabupaten Tabalong, politisi PKB sekaligus pengusaha sukses H Marlan masuk dalam 10 besar kandidat Bupati Tabalong dengan elektabilitas tertinggi, yakni sebesar 4,88 persen.

Ada pun dalam menentukan pilihan politik pada Pilkada  Tabalong Tahun 2024, hampir sebagian besar pemilih menyatakan visi, misi dan program parpol sebagai alasan utama mereka saat memilih kandidat nantinya, yaitu presentasinya sebesar 96,67 persen. Sedangkan alasan memilih karena saran keluarga, teman dan tetangga sebesar 3,33 persen.

Ada pun periode survey sendiri dilakukan mulai tanggal 26 Februari – 3 Maret 2024 lalu. Populasi masyarakat Kalsel yang disurvey sendiri terdiri dari 13 kabupaten dan kota dengan menggunakan Metode Multistatge Random Sampling.

Untuk jumlah sampel mencapai 1.074 sampel yang tersebar di 13 Kabupaten dan Kota se-Kalsel. Kemudian terkait pengumpulan data dilakukan dengan wawancara langsung dengan responden yang dipilih. Sedangkan surveyor sendiri adalah freshgraduate yang menguasai survey dan dilatih langsung oleh tim. Lalu untuk validasi data dilakukan dengan membandingkan data dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu 2024.

Penulis: Arief Rahman

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال