Buka Pendidikan dan Pelatihan Vokasi Tahap I, Ini Amanat Pj Bupati Batola

 

SIMBOLIS: Pelaksanaan kegiatan Program Pendidikan dan Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahap I Tahun 2024 oleh Disnakertrans Kabupaten Batola - Foto Dok Kominfo Batola

BORNEOTREND.COM, KALSEL- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Barito Kuala (Batola) menggelar acara Pembukaan Program Pendidikan dan Pelatihan Berbasis Kompetensi Tahap I Tahun 2024, Rabu (24/4/2024) di Aula UPTD BLK Marabahan.

Kegiatan tersebut di buka Pj Bupati Batola Mujiyat yang dalam hal ini diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan Drs. H. Akhmad Mawarni, M.Pd. 

Dalam sambutan tertulis Pj. Bupati Batola Mujiyat yang disampaikan oleh Ahmad Mawarni, atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batola menyampaikan apresiasi dan terimakasih kepada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Batola yang telah menyelenggarakan kegiatan ini. Khususnya dalam rangka meningkatkan dan mengembangkann keterampilan dan keahlian tenaga kerja yang terampil, kompetitif, dan profesional.

Ia menambahkan, penyelenggaraan pelatihan berbasis kompetensi ini sangat penting dan strategis dalam rangka pengembangan ekonomi yang berbasis pada kebutuhan pasar kerja yang makin dinamis dan berkembang.

Tenaga kerja yang kompeten lanjutnya, tidak hanya mempunyai skill semata, tetapi juga memiliki sikap mental dalam bekerja.

“Jika hard skill adalah kemampuan dan keterampilan bekerja, maka soft skill adalah sikap kerja yang baik, disiplin dan semangat, atau termotivasi untuk maju, apalagi menghadapi bonus demografi mendatang,” jelasnya.


Ditambahkannya bahwa Pemkab Batola perlu mempersiapkan keahlian dan keterampilan kepada tenaga kerja usia produktif yang memiliki energi besar, agar mampu menghadapi tantangan dan kompetensi di pasar kerja.

Selain itu dirinya juga berharap pelatihan ini dapat meningkatkan keterpaduan dan kerjasama antar instansi terkait, lembaga pendidikan, vokasi dan lembaga pelatihan kerja serta meningkatkan koordinasi, sinkronisasi dan sinergitas pelaksanaan program dan kegiatan, pengembangan keterampilan tenaga kerja yang kompetitif di Kabupaten Batola.

"Peserta pelatihan agar bisa memanfaatkan kegiatan ini dengan sebaik-baiknya, untuk memperoleh pelatihan keterampilan serta karakter angkatan kerja terlatih dan kompeten, sebagai bekal menjadi wirausaha mandiri maupun dunia kerja lainnya," katanya.

Sementara itu di tempat yang sama, Kepala UPTD BLK Sahminan mengatakan, tujuan dilaksanakan pelatihan berbasis kompetensi  adalah untuk meningkatkan kompetensi bagi para pencari kerja yang belum punya keterampilan, baik secara soft skill maupun secara hard skill.

"Nah, mereka ini siap kerja dan bisa menjadi wirausaha mandiri baru yang dapat membuka lapangan kerja yang baru," tukasnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemasangan ID Card dan penyerahan perlengkapan peserta pelatihan secara simbolis, sebagai tanda telah dimulainya acara Pelatihan Vokasi Tahap I, yang diserahkan oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan Batola didampingi Kepala Disnakertrans Kabupaten Batola serta dilanjutkan foto bersama.

Untuk diketahui, turut hadir di kesempatan itu, yakni Kepala Disnakertrans Kabupaten Batola Hj. Harliani, S.IP, M.Si, Kepala UPTD BLK Marabahan Sahminan, SE, Pimpinan OPD Lingkup Pemerintah Kabupaten Batola, beserta unsur terkait lainnya.

Sumber: Kominfo Batola

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال