Legislator Ini Minta Pemkab Barsel Serius Lakukan Pembinaan Terhadap UMKM dan IKM

 

WAWANCARA: Anggota DPRD Kabupaten Barsel Ideham - Foto Dok Nett

BORNEOTREND.COM, KALTENG- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) Ideham, menekankan pentingnya pemerintah daerah dalam menggencarkan upaya pembinaan bagi pelaku usaha secara berkelanjutan. 

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat. 

Legislator dari fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) itu juga menekankan, bahwa dukungan dari pemerintah sangat penting dalam mendorong pertumbuhan dan daya saing sektor usaha lokal, terutama Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta Industri Kecil Menengah (IKM). 

Pelaku usaha sering menghadapi kendala, terutama terkait keterbatasan modal dan kebutuhan akan pelatihan untuk meningkatkan keterampilan dan kreativitas dalam mengembangkan usaha. 

“Pemerintah perlu secara aktif terlibat dalam memberikan pembinaan yang berkelanjutan kepada para pelaku usaha kecil. Kami berharap pemerintah daerah dapat meluncurkan program pembinaan yang komprehensif dan berkelanjutan bagi pelaku usaha di Barsel,” kata Ideham, Selasa (19/3/2024). 


Dirinya menambahkan bahwa melalui pelatihan, bimbingan, dan akses ke sumber daya yang diperlukan, para pelaku usaha akan berkembang dan memiliki daya saing yang efektif. 

“Hal ini tidak hanya mendukung pengembangan bisnis lokal, tetapi juga berpotensi menciptakan lapangan kerja baru dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi daerah. Saya juga berharap bahwa pembinaan yang berkelanjutan juga akan membantu pelaku usaha dalam mengatasi kendala pengembangan jejaring usaha dan pemasaran,” ucapnya. 

Lalu yang tidak kalah penting Pemerintah juga perlu memberikan pendampingan, pembinaan, dan pelatihan khususnya dalam pemasaran digital. 

"Selain itu, promosi produk melalui berbagai cara juga perlu difasilitasi untuk mendapatkan eksposur yang lebih luas dan menjangkau pasar yang tepat," tukasnya.

Sumber: Nett

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال