Komisi III DPRD Balangan Bahas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Dalam Podcast Parlementaria

Anggota Komisi III DPRD Balangan, Erly Satriana SE SSos – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALSEL - Anggota Komisi III DPRD Balangan, Erly Satriana SE SSos berkesempatan membahas pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak dalam program Podcast Parlementaria DPRD Kabupaten Balangan POP Episode 1 tentang Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

Erly mengatakan, peran serta DPRD Balangan khususnya Komisi III dalam Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak adalah mendorong para perempuan agar bisa menjaga diri dan meningkatkan kemampuan guna menjaga keluarganya.

Erly mengatakan, Pemerintah Kabupaten Balangan selama ini telah menjalankan program untuk mendukung Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, terutama mekanisme prosedur terkait misalnya ada laporan tentang perempuan atau anak. 

“Setiap ada kejadian terkait hal ini pasti ditindaklanjuti oleh pemerintah,” ujarnya, Rabu (6/3/2024).

Menurutnya, DPRD selalu melakukan pengawasan terhadap kegiatan yang ada di dinas terkait, apalagi saat ini DPRD tengah mencanangkan perda tentang perlindungan perempuan.

Isi perda ini di antaranya adalah memberikan perlindungan kepada perempuan sejak dalam kandungan dari persoalan dalam rumah tangga.

“Latar belakang mencanangkan perda ini adalah berkaca dari kejadian atau kasus  tindak kekerasan yang terjadi sebelum-sebelumnya, yang mana korbannya perempuan,” ungkapnya.

Menurutnya, saat ini perda tersebut masih belum disahkan, namun sudah tahap penyelesaian, mudahan bisa disahkan di tahun 2024.

“Setelah nantinya disahkan perda ini akan menjadi payung hukum, dan berharap dinas terkait bisa mensosialisasikan perda tersebut,” harapnya.

Kemudian, terkait pelayanan terhadap perempuan di ruang publik atau ruang pelayanan misalnya untuk ibu menyusui di Balangan sebagian sudah ada yang menyediakan namun ada juga yang masih belum.

“Intinya kami mengharapkan kaum perempuan di Balangan ini harus mampu mandiri, kuat dan berani, jadilah perempuan yang ceria meskipun kita punya masalah,” tutupnya.

Penulis: Sri Mulyani

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال