Banjir Landa 25 Desa di Kapuas, 3.940 Rumah Warga Terdampak

TERENDAM AIR: 3 ribu lebih rumah warga terendam air akibat meluapnya sungai – Foto Dok Ist


BORNEOTREND.COM, KALTENG -  25 desa yang tersebar di 6 kecamatan di Kabupaten Kapuas terendam banjir. Adapun kecamatan yang tergenang air tersebut yakni Mantangai, Pasak Talawang, Kapuas Tengah, Kapuas Hulu, Dadahup dan Timpah.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Kapuas Panahatan Sinaga menyebutkan, ada sekitar 3.940 rumah warga yang terdampak banjir hingga Kamis (18/1/2024).

Panahatan menjelaskan, banjir terjadi akibat intensitas curah hujan yang cukup tinggi di wilayah hulu Kabupaten Kapuas dalam beberapa hari terakhir, hingga mengakibatkan luapan air sungai.

"Ada sebanyak 6.545 Kepala Keluarga atau 23.245 jiwa warga terdampak," kata Panahatan Sinaga.

Lebih lanjut, Panahatan mengungkapkan, banjir juga menggenangi 53 sarana pendidikan, 11 sarana kesehatan, 47 rumah ibadah, 57 fasilitas umum dan 95 titik akses jalan di wilayah tersebut.

Menurutnya, bencana ini juga mengganggu aktivitas masyarakat sehari-hari, mengingat ruas jalan, rumah, sarana pendidikan, kesehatan, tempat ibadah, fasilitas umum dan lainnya digenangi air dengan ketinggian bervariasi di tiap tempat, mulai dari ketinggian 60 cm hingga 180 cm.

"Kami mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada. Untuk upaya kita sudah data warga dan akan support warga terdampak dengan bahan pokok dan sandang, supaya warga di sana dapat terbantu," ucapnya.

Penulis: Gus

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال