Ribuan Jamaah Penuhi Kubah Basirih, Ibnu Sina: Mudah-Mudahan Membawa Berkah

RAMAI: Walikota Banjarmasin H Ibnu Sina saat hadir di kegiatan Haul Akbar Habib Basirih Al Habib Hamid bin Abbas Bahasyim - Foto Dok Prokopim Banjarmasin

BORNEOTREND.COM- Kumandang solawat terdengar merdu menggema sejak pintu gerbang masuk kawasan Jalan Keramat, Kelurahan Basirih, Kecamatan Banjarmasin Barat, Kota Banjarmasin, Sabtu (2/12/2023) lalu.

Ribuan jamaah dari berbagai penjuru dan wilayah, tak hanya dari Kota Banjarmasin, tetapi juga dari luar kota hingga manca negara, terlihat khusyuk mengikuti rangkaian kegiatan Haul Akbar Habib Basirih, Al Habib Hamid bin Abbas Bahasyim.

Kegiatan haul ke 77 Tahun 2023 Habib yang akrab disapa dengan sebutan Habib Basirih itu, tak hanya dihadiri masyarakat umum, tetapi juga dari kalangan pejabat tinggi di daerah ini, sebut saja seperti Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor yang saat itu di wakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Sulkan, kemudian Wali Kota Banjarmasin H ibnu Sina, serta para pejabat lingkup Pemko Banjarmasin.

Selain menggunakan sepeda motor, para jamaah yang menghadiri kegiatan tersebut juga memakai angkutan sungai. Tentunya, hal ini menjadi keunikan tersendiri dalam pelaksanaan kegiatan tersebut.

Hal unik lainya yang tersaji dalam kegiaatan tersebut, tersedianya ratusan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang menjajakan berbagai macam kuliner, satu diantaranya adalah kuliner Hintalu Penerang Hati (telur penerang hati, adalah telur asin). Harganyapun cukup terjangkau, per butirnya hanya Rp 10 ribu saja.

Haul akbar yang dilaksanakan mulai pukul 09.00 WITA, berjalan hingga sekira pukul 12.30 WITA.

 Saat ditemui, Wali Kota Banjarmasin H Ibnu Sina menyatakan terima kasih kepada semua pihak terutama panitia penyelenggaran kegiatan haul yang telah bekerja keras memberikan pelayanan terbaik untuk para jamaah yang hadir. 

“Mudah mudahan dengan pelaksanaan haul 77 ini membawa keberkahan untuk kita semua, secara umum pelaksanaannya berjalan dengan lancar.  Tentu ini didukung oleh semua pihak. Tidak bisa disebutkan satu persatu karena dukungannya banyak banar, terutama warga dan jamaah di sekitar ubah ini,” ungkapnya.


Selain kepada para pendukung kegiatan tahunan tersebut, orang nomor satu di kota berjuluk seribu sungai ini juga menyatakan, terima kasih kepada para jamaah yang hadir dan dengan tertib mengikuti seluruh rangkaian kegiatan haul tersebut.

“Terima kasih banyak atas datangan tamu tamu kita para habaib yang dari Negara Yaman dari Madinah memberikan tausiah dari Pulau Jawa dan tamu-tamu kita yang lain dari pulau Kalimantan dan sekitarnya,” ujarnya. 

Mengutip dari tausyiah salah seorang habib dalam acara tersebut, pemimpin Bumi Kayuh Baimbai ini berharap, seluruh jamaah saat kembali ke rumah masing-masing bisa tertib dan selalu berhati-hati di jalan. 

“Yang paling penting adalah sepulang dari haul ini kata habib tadi, kita ambil ibroh dan juga pelajaran bagaimana teladan dalam menjadi seorang muslim yang baik, itu yang paling penting, tertib,” tukasnya.

Sumber: Prokopim Banjarmasin

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال