Kukuhkan Forum Pemuda Lintas Agama, Sekda Banjarbaru Ingatkan Pentingnya Komunikasi

SAMBUTAN: Sekda Kota Banjarbaru H Said Abdullah Alkaff saat membuka kegiatan Kemah Pemuda Lintas Agama dan Lintas Budaya di Kota Banjarbaru - Foto Dok H Faidur


BORNEOTREND.COM- Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Banjarbaru H Said Abdullah Alkaff resmi mengukuhkan Forum Pemuda Lintas Agama pada saat kegiatan Kemah Pemuda Lintas Agama dan Lintas Budaya, Jum'at (8/12/2023) malam di halaman Kantor Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Banjarbaru.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda Banjarbaru H Said Abdullah Alkaff mengingatkan untuk selalu bisa mengedepankan komunikasi apabila terjadi permasalahan antar warga.

"Jikalau terjadi permasalahan, langkah baiknya rembukan secara bersama sehingga dapat cara penyelesaiannya," ungkapnya


Dirinya menjelaskan kondisi Banjarbaru saat ini sudah seperti miniatur Indonesia karena semua agama, suku, dan budaya ada di sini.

"Mari tunjukkan komitmen berbeda tapi satu tujuan. Jangan sampai perbedaan agama, suku dan budaya terlebih pilihan politik memecah belah nilai-nilai toleransi yang selama ini sudah ada," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kesbangpol Kota Banjarbaru Rizana Mirza menyampaikan, bahwa intoleransi yang masih sering muncul menjelang pemilu terjadi karena minimnya komunikasi antar suku dan agama.

"Semua peserta kami satukan dalam semua kegiatan agar terjalin komunikasi untuk menjaga nilai-nilai kebersamaan,” bebernya.

Di sisi lain, Ketua Forum Pemuda Lintas Agama Jainul Abdi mengungkapkan, pentingnya relasi antar umat beragama terlebih ketika menghadapi tahun pemilu. 

"Dengan kondisi Banjarbaru yang sangat heterogen, maka kegiatan ini penting untuk menguatkan relasi antar umat beragama," tukasnya.

Untuk diketahui, kegiatan Kemah Pemuda Lintas Agama dan Lintas Budaya yang diselenggarakan oleh Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Banjarbaru dimulai dari tanggal 8-9 Desember 2023 dengan menghadirkan sebanyak 86 orang perwakilan antar suku dan agama sebagai peserta.

Penulis: H Faidur

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال