Tingkatkan Ketahanan Pangan, Pemko Palangka Raya Ajak Warga Manfaattkan Lahan Kosong untuk Pertanian

MENANAM: Warga Kota Palangka Raya saat melakukan penanaman padi di lahan miliknya - Foto Dok mediacenter.palangkaraya.go.id

BORNEOTREND.COM- Pemerintah Kota (Pemko) Palangka Raya terus berupaya meningkatkan ketahanan pangan bagi warga setempat. Salah satunya dengan membuka lahan pertanian padi dengan memanfaatkan tanah kosong di komplek Perkantoran Pemko Palangka Raya.

Lahan pertanian tersebut diharapkan oleh Pj Wali Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu untuk dijadikan percontohan bagi warga Kota Cantik Palangka Raya agar bisa memanfaatkan lahan kosongnya untuk lahan pertanian.

“Seperti yang telah kita lakukan saat ini yaitu menanam padi varietas Serindit di halaman belakang kantor Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palangka Raya. Jenis padi ini tahan terhadap berbagai kondisi cuaca. Harapan saya ini dapat dijadikan edukasi untuk menggerakkan warga agar bersedia memanfaatkan lahan kosongnya untuk dijadikan lahan pertanian,” kata Hera.


Menurutnya, meskipun kultur tanah di Wilayah Kota Palangka Raya ini banyak dikelilingi gambut, namun ia meyakini banyak tanaman yang bisa ditanam dan dikembangkan untuk ketahanan pangan.

“Tidak hanya padi, namun banyak tanaman yang bisa kita budidayakan untuk ketahanan pangan seperti halnya sayur-sayuran,” ucapnya.

Lebih lanjut, dirinya menyebutkan bahwa Pemko Palangka Raya juga terus mendorong sektor pertanian dengan memperluas lahan-lahan pertanian dalam skala besar untuk meningkatkan ketahanan pangan warga Kota Palangka Raya.

Seperti halnya di Kelurahan Tanjung Pinang, Pemko akan segera membuka lahan pertanian dengan skala besar-besaran di kawasan tersebut yakni mencapai luas kurang lebih 190 Hektare. 

Penulis/Sumber: Tri/mediacenter.palangkaraya.go.id

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال