Pemkab Balangan Peringati Hari Santri Nasional 2023 Bersama Ribuan Santri

HARI SANTRI: Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2023 di halaman Kantor Bupati Balangan dihadiri langsung Bupati Balangan, H Abdul Hadi dan jajaran Forkopimda Balangan serta ribuan santri dan para pengasuhnya – Foto Dok Humas Pemkab Balangan


BORNEOTREND.COM - Pemerintah Kabupaten Balangan memperingati Hari Santri Nasional Tahun 2023 di halaman Kantor Bupati Balangan, Selasa (7/11/2023).

Peringatan ini dihadiri langsung Bupati Balangan, H Abdul Hadi dan jajaran Forkopimda Balangan serta ribuan santri dan para pengasuhnya. 

Bupati Balangan H Abdul Hadi dalam sambutannya saat membacakan amanat Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Qoumas mengatakan, tanggal 22 Oktober lalu, ditetapkan sebagai hari Santri Nasional.

“Penetapan 22 Oktober sebagai Hari Santri merujuk pada tercetusnya Resolusi Jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia,” ujarnya.

Selanjutnya, Resolusi Jihad ini kemudian melahirkan peristiwa 10 November 1945 sebagai Hari Pahlawan.

“Tema peringatakan kali ini “Jihad Santri Jayakan Negeri” merujuk pada perjuangan secara keseluruhan, mencakup perjuangan untuk menguatkan iman, memperdalam ilmu dan memperbaiki diri,” ujar Menteri Agama RI.

Menurutnya, Indonesia saat ini menghadapi berbagai tantangan dan perubahan yang kompleks, menurutnya santri disini memiliki peran kunci dalam menjaga keutuhan nilai-nilai keagamaan dan moral.

“Mari kita bersatu, terus berjuang dan menjalankan peran sebagai agen perubahan yang membawa kemajuan bagi negeri ini,” ujarnya.

Harapannya, Hari Santri Nasional tahun 2023 kali ini dapat menjadi awal mulanya peningkatan kualitas bagi Bangsa Indonesia.

“Semoga peringatan tahun ini menjadi titik awal bagi kita semua untuk lebih berkontribusi positif bagi negeri, agama dan bangsa,” jelasnya.

Di akhir acara, diadakan juga lomba keagamaan dalam rangka Hari Santri Nasional 2023 di Kabupaten Balangan yang langsung diserahkan oleh Bupati Abdul Hadi dan penyerahan bantuan terhadap tempat ibadah dan pesantren.

Penulis: Sri Mulyani

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال