Seluruh Elemen Masyarakat Deklarasikan Pemilu Damai di Batola

SIMBOLIS: Kegiatan deklarasi damai untuk pemilu 2024 oleh Pemkab Batola - Foto Dok Kominfo Batola

BORNEOTREND.COM- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Kuala (Batola) bersama stakeholders terkait melaksanakan kegiatan deklarasi damai dalam rangka mendukung suksesnya pemilu tahun 2023, Selasa (17/10/2023) di Aula Selidah Pemkab Batola.

Dalam acara tersebut hadir anggota forkopinda, kepala Kesbangpol Batola beserta jajaran, Ketua KPU Batola, Ketua Bawaslu Batola, para tokoh agama, pemuka suku dan organisasi masyarakat lingkup Batola.

Mewakili Pj. Bupati Batola Mujiyat, Sekda Batola Ir. H Zulkipli Yadi Noor, M.Sc mengatakan, melalui deklarasi ini dapat menyatukan tekad bersama pemerintah dan seluruh elemen masyarakat utamanya bagi tokoh agama, pemuka suku, dan pimpinan ormas untuk mewujudkan pemilu yang aman dan damai. 

"Selain itu kegiatan ini diharapkan menguatkan komitmen bersama untuk menjaga kondusifitas daerah kita dengan bekerjasama memelihara situasi dan kondisi keamanan dan ketertiban masyarakat di wilayah Kabupaten Batola," tegasnya.


Seperti yang kita ketahui bersama, bahwa ada 4 stakeholder yang memiliki peranan yang sangat besar dalam mensukseskan penyelenggaraan kegiatan pemilu.

Pertama adalah pemerintah yang diwakili oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), yang kedua adalah partai politik selaku peserta pemilu dan yang ketiga adalah Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) sebagai institusi yang mengawasi jalannya pemilu, serta yang keempat adalah masyarakat selaku konstituen atau pemilih di daerah pemilihan tersebut berlangsung.

"Ada tiga hal utama yang juga sangat menentukan sukses tidaknya sebuah penyelenggaraan Pemilukada, yakni penyelenggaraannya, aturan-aturan hukum, dan proses penegakan hukum dalam menangani terjadinya pelanggaran dalam pemilu," tukasnya.

Sumber: Kominfo Batola

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال