Pemkab Tala Berkomitmen Dorong Silat Budaya Kuntau Dikenal Hingga Tingkat Nasional

SIMBOLIS: Asisten Perekonomi dan Pembangunan Pemkab Tala Andris Evony saat menghadiri kegiatan acara Festival Silat Budaya Kuntau se-Kecamatan Bumi Makmur - Foto Dok Prokopim Tala

BORNEOTREND.COM- Tidak dapat dipungkiri bahwa kuntau sebagai olahraga atau kesenian tradisional, patut untuk dilestarikan dan sudah seharusnya dikenal hingga tingkat nasional. 

Hal tersebut disampaikan Pj Bupati Tanah Laut (Tala) melalui Asisten Perekonomi dan Pembangunan Andris Evony, saat membuka acara Festival Silat Budaya Kuntau se-Kecamatan Bumi Makmur, Minggu (1/10/2023) lalu

“Momen seperti ini harus dimanfaatkan para pegiat kuntau untuk bersama sama bertekad memajukan olahraga sekaligus kesenian Kalimantan Selatan yaitu silat budaya agar dapat dikenal masyarakat hingga ketingkat nasional,” ungkap Andris.


Dirinya melanjutkan, melalui kegiatan ini diharapkan para pegiat silat budaya kuntau nantinya mampu menjadi pemain yang mengembangkan dan memajukan silat kuntau di Bumi Tuntung Pandang. 

"Pemerintah daerah akan selalu mendukung segala usaha dan upaya dalam meningkatkan kemampuan para pemain silat budaya kuntau. Jangan sampai nanti kedepannya para generasi penerus tidak mengenal lagi ilmu beladiri kuntau, sehingga harus terus dibudayakan seni yang memiliki nilai yang sangat tinggi ini," tambahnya.

Ia juga mengapresiasi para panitia pelaksana yang telah memanfaatkan dana hibah Rp 1 miliar perkecamatan yang disiapkan untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan kemasyarakatan, khususnya untuk kegitan seperti ini. Dengan pelaksanaan kegiatan positif seperti ini akan memberikan dampak bagi seluruh masyarakat.

“Dengan terus terselenggaranya kegiatan seperti ini para pegiat kuntau dapat terus meningkatkan potensi diri dan memiliki mental baja untuk menghadapi musuh  ditingkat yang lebih tinggi. Terus semangat dan jangan pantang menyerah untuk terus membudayakan silat kuntau di Bumi Tuntung Pandang hingga ketingkat nasional,” pungkasnya.

Turut berhadir dalam kegiatan kali ini Ketua Asosiasi Pengurus Pencak Silat Budaya Indonesia Kabupaten Tala, perwakilan Camat Bumi Makmur, Forkopimcam Kecamatan Bumi Makmur Kepala Desa Sungai Rasau serta Ketua Ikatan Perguruan Kuntau Seni Budaya Kecamatan Bumi Makmur.

Sumber: Prokopim Tala

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال