Wujudkan Lingkungan Bersih dan Sehat, SMPN 1 Kusan Hilir Gelar Aksi Bersih Hebat

BERSIHKAN LINGKUNGAN: Pelajar SMPN 1 Kusan Hilir membersihkan lingkungan – Foto Dok Humas Pemkab Tanbu


BORNEOTREND.COM – Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Kusan Hilir Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) menggelar kegiatan aksi bersih hebat untuk lingkungan sehat.

Kepala SMPN 1 Kusan Hilir, Darwanto MPd mengatakan, aksi bersih-bersih ini dilakukan oleh seluruh dewan pendidik dan peserta didik di lingkungan sekolah.

“Beberapa waktu lalu, kami melaksanakan aksi bersih-bersih lingkungan dengan sasaran kawasan SMPN1 Kusan Hilir dan sekitarnya,” ucap Darwanto, Kamis (3/8/2023).

Dia mengatakan kegiatan bersih-bersih lingkungan merupakan bentuk partisipasi sekolah dalam rangka mewujudkan lingkungan bersih dan sehat di Bumi Bersujud.

Darwanto berharap melalui aksi tersebut para siswa-siswi dapat memiliki kesadaran akan kebersihan lingkungan sekitar, baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan tempat tinggal mereka.

Darwanto menambahkan bahwa kegiatan mereka laksanakan berkaitan pula dengan SMPN 1 Kusan Hilir yang menyandang status Sekolah Adiwiyata Tingkat Kabupaten.

“Saat ini, sekolah kami juga ikut lomba Adiwiyata Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan,” ujarnya.

Selain itu, SMP Negeri 1 Kusan Hilir juga sudah memiliki Tim Kader Adiwiyata terdiri dari Kepala Sekolah, Dewan Pendidik, dan peserta didik.

Beberapa kegiatan yang sudah dilakukan seperti melakukan aksi sadar akan kebersihan, aksi 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle).

Kemudian mengadakan kampanye ke sekolah lain tentang pengolahan sampah, melaksanakan pameran hasil dari pengelolaan sampah, pembuatan pupuk organik, serta melakukan inovasi sumber daya energi.

Menurut Darmanto, banyak manfaat yang dirasakan SMP Negeri 1 Kusan Hilir setelah menjadi sekolah Adiwiyata.

Antara lain, terciptanya lingkungan bersih dan sehat. Kemudian, lingkungan bertambah asri karena adanya kegiatan pembibitan.

Kurangnya genangan air di sekitaran sekolah dengan adanya kegiatan normalisasi saluran dan bio pori serta berkurangnya data tumpukan sampah organik dan plastic.

Penulis: Jack

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال