Tingkatkan Pengembangan Ekonomi Daerah, Fahrani Luncurkan Kolam Budidaya Ikan Air Tawar di Desa Sungai Landas

TEBAR BENIH IKAN: Benih ikan nila, patin, lele, bawal dan gurame ditebar pada kegiatan launching kolam budidaya ikan air tawar di Desa Sungai Landas, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar – Foto Dok H Faidur


BORNEOTREND.COM - Ketua Karang Taruna Kabupaten Banjar, Fahrani SPdI MSi melaunching kolam budidaya ikan air tawar di Desa Sungai Landas, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar, Kamis (03/8/2023).

Kegiatan peluncuran kolam budidaya ikan air tawar yang diinisiasi oleh Karang Taruna Kabupaten Banjar turut dihadiri oleh berbagai pihak, mulai dari perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), Dinas Kehutanan Kalsel, Dinas Lingkungan Kalsel hingga hingga perwakilan dari Kabupaten dan Desa setempat.

Dalam sambutannya, Fahrani menyampaikan ucapan terima kasih kepada segenap pihak yang telah hadir, terlebih kepada seluruh warga Desa Sei Landas, sebab tanpa kontribusi serta komitmen mereka maka launching kolam budidaya ikan air tawar pada hari ini tidak akan terwujud.

Fahrani mengatakan, pengembangan Sumber Daya Masyarakat (SDM) dan Ekonomi suatu daerah pasti berawal dari elemen paling dasar yakni desa yang dalam prosesnya harus melibatkan unsur para pemuda setempat. 

"Mudah-mudahan ini menjadi cikal bakal kemajuan para generasi muda di Kabupaten Banjar, khususnya di Desa Sei Landas", katanya.

Adapun alasan utama dipilihnya Desa Sei Landas sebagai tempat budidaya ikan air tawar dikarenakan ketersediaan air berkualitas yang mencukupi dan kawasan bebas banjir. 

Kepala Desa Sungai Landas, Muhammad Toha bersyukur desanya diberikan keberkahan berupa sungai yang tersambung hingga sungai Martapura serta aliran sungai yang mengalir ke Bendungan Riam Kanan.

“Tentunya hal tersebut menjadi modal utama warga desa kami dalam pengembangan ekonomi dan bentuk budidaya yang diluncurkan hari ini sangatlah membantu bagi warga kami", ujarnya. 

Kolam pembibitan ikan air tawar yang diresmikan berisikan beberapa jenis ikan seperti nila, patin, lele, bawal, dan gurame.

Sedangkan untuk penanggung jawab dalam pengelolaannya dipercayakan kepada kelompok Banua Iwaku yang berada di bawah naungan Karang Taruna setempat.

Penulis: H Faidur

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال