Bupati Pulang Pisau: PKK Ujung Tombak Pemberdayaan Masyarakat

 

PKK: Jambore PKK Kabupaten Pulang Pisau yang dipusatkan di halaman Stadion HM Sanusi -Foto dok IST


BORNEOTREND.COM- Bupati Pulang Pisau Kalimantan Tengah Pudjirustaty Narang melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Tony Harisinta (9/8/2023) mengatakan bahwa peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) dan Jambore ke 51 Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) merupakan momentum yang sangat mendasar dan memiliki arti dalam mengimplementasikan pelaksanaan 10 Program Pokok PKK.

"Tim penggerak PKK harus bisa menjadi ujung tombak dalam mendukung pembangunan dan pemberdayaan masyarakat setempat. PKK juga merupakan mitra pemerintah daerah sebagai organisasi yang berhubungan langsung dengan keluarga," kata Tony Harisinta.

Dikatakannya, setiap kader PKK tentunya memiliki andil yang sangat besar dalam membina dan memaksimalkan anggota keluarga. Ada hal yang perlu diketahui bahwa keluarga merupakan pondasi awal juga modal dasar dalam pembangunan khususnya di lingkungan sosial.

Tony Harisinta memaparkan, dari keluarga-lah sangat diharapkan dapat melahirkan generasi penerus bangsa yang mampu menerima dan meneruskan tongkat estafet pembangunan di Kabupaten Pulang Pisau. PKK juga mempunyai peran untuk mendukung jalannya program pembangunan dikarenakan PKK bisa menjadi garda terdepan dalam mensosialisasikan kegiatan pembangunan dan mengambil peran mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat.

Peran penting itu kata dia, membuat setiap kader PKK harus bisa lebih berinovasi di berbagai kegiatan yang dilakukan yaitu melalui partisipasi dan pemberdayaan. Tanpa adanya sinkronisasi program dan kegiatan dengan perangkat daerah, pastinya program PKK tidak dapat selaras dengan tujuan program pemerintah yang mau dicapai.

Tony Harisinta mengatakan, pada HKG ke 51 PKK yang mengusung tema "Bergerak Bersama Menuju Keluarga Sejahtera dan Tangguh Wujudkan Indonesia Tumbuh" yang artinya bahwa PKK memang hadir untuk berbakti bagi bangsa dan negara. Seperti dengan cara mendukung program dan kebijakan pemerintah untuk ikut menjadi pelopor juga pembaharuan dalam meningkatkan kualitas taraf hidup masyarakat.

Ia berharap, PKK Pulang Pisau mampu membangun kebersamaan dan keterpaduan yang harus dicurahkan sebesar-besarnya untuk peningkatan kesejahteraan keluarga dan masyarakat. Semua ini tentunya membutuhkan kepedulian dari seluruh komponen masyarakat, tidak terkecuali kader PKK.

Penulis: Agerson

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال