Kantor Perwakilan BI Provinsi Kalsel Launching Program Ekspedisi Rupiah Susur Sungai

BERANGKAT: Tim Ekspedisi Rupiah Susur Sungai siap berangkat untuk memberikan pelayanan penukaran uang rupiah kepada masyarakat di pesisir sungai yang ada di Kalsel - Foto Dok Arief

BORNEOTREND.COM- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Kalsel kembali melakukan inovasi layanan kas untuk menyediakan uang Rupiah dalam jumlah yang cukup dan pecahan yang sesuai sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI, melalui Ekspedisi Rupiah Susur Sungai.

Seremonial acara pelepasan tim Ekspedisi Rupiah Susur Sungai Kantor Perwakilan BI Provinsi Kalsel sendiri dilaksanakan, Senin (8/5/2023) di Taman Siring Piere Tandean – Patung Bekantan, Kota Banjarmasin.

Dalam even ini Kantor Perwakilan BI Provinsi Kalsel akan bersinergi dengan Kantor Perwakilan BI Provinsi Kalteng. Kegiatan ini menggunakan transportasi sungai dengan menyusuri masyarakat sepanjang pesisir sungai.

"Rencananya nanti Kantor Perwakilan BI Provinsi Kalsel akan menyusuri sungai di wilayah Kabupaten Barito Kuala hingga Kabupaten Kapuas. Sedangkan Kantor Perwakilan BI Provinsi Kalteng akan menyusuri sungai dari Palangkaraya hingga Kabupaten Kapuas," ujar Pimpinan Kantor Perwakilan BI Provinsi Kalsel Wahyu Pratomo disela kegiatan.


Kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 8 - 11 Mei 2023 dan jumlah uang rencana akan didistribusikan sebanyak Rp3,2 Milyar.

"Selain kegiatan penyediaan uang layak edar, Ekspedisi Rupiah Susur Sungai turut menghadirkan kegiatan yang meliputi Layanan Kas Keliling, Edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah dan Program Bantuan Sosial Dedikasi Untuk Negeri yaitu Program Sosial Bank Indonesia berupa bantuan sarana dan prasarana pendidikan kepada SDN Sungai Punggu 2 dan SDN Sungai Seluang," tambahnya.

Ada pun tujuan PSBI ini agar dapat memberikan dukungan peningkatan kualitas pendidikan setempat.

"Acara puncak Ekspedisi Rupiah Susur Sungai akan dilaksanakan pada tanggal 10 Mei 2023 di Pelabuhan Danau Mare Kabupaten Kapuas, Provinsi Kalteng. Dalam acara tersebut akan mempertemukan tim Ekspedisi Rupiah Susur Sungai Kantor Perwakilan BI Kalsel dan tim Ekspedisi Rupiah Susur Sungai Kantor Perwakilan BI Kalteng yang juga disertai kegiatan Layanan Kas Keliling dan Edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah," timpalnya.

Kegiatan ekspedisi ini akan menjadi momen yang berharga untuk menghadirkan BI hingga ke berbagai pelosok negeri dan menjadi komitmen untuk menyediakan uang Rupiah yang semakin berkualitas dan terpercaya sebagai alat pembayaran yang sah di seluruh wilayah NKRI dan meningkatkan keamanan, kenyamanan dan kebanggan masyarakat untuk menggunakan uang Rupiah. Kemudian juga menjaga reputasi uang Rupiah sebagai salah simbol kedaulatan negara.

"BI akan senantiasa memastikan ketersediaan uang Rupiah yang berkualitas dan layak edar guna mendukung kelancaran aktivitas perekonomian, serta memperkuat koordinasi antar Kementerian/Lembaga untuk memastikan uang Rupiah beredar dengan kualitas yang terjaga di seluruh wilayah NKRI," tukasnya.

Sumber: KPW BI Provinsi Kalsel

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال