Peringatan HUT ke-74 Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Digelar di Banjarbaru

 

FOTO BERSAMA: Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Proklamasi Gubernur Tentara Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) -Foto dok mediacenter.banjarbarukota.go.id

BORNEOTREND.COM- Bertempat di lapangan Murjani Banjarbaru, pada Sabtu (20/05/2023), Apel Upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Proklamasi Gubernur Tentara Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) berlangsung dengan khidmat. Wali Kota Banjarbaru, Aditya Mufti Ariffin, menjadi Pembina Upacara dalam acara tersebut.

Acara ini juga dihadiri oleh unsur Forkopimda dan jajaran Pemerintah Kota Banjarbaru. Terlihat juga kehadiran para veteran yang turut ambil bagian dalam upacara yang dimulai pada pukul 08.00 WITA.

Proklamasi Gubernur Tentara ALRI merupakan sebuah proklamasi yang menyatakan bahwa Kalimantan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari Republik Indonesia, sebagai respons terhadap Perjanjian Linggarjati yang menyatakan hanya pulau Jawa yang termasuk dalam wilayah Republik Indonesia.

Isi proklamasi yang dibuat pada tanggal 17 Mei 1949 tersebut adalah sebagai berikut:

"Proklamasi"

Merdeka, Dengan Ini Kami Rakyat Indonesia Di Kalimantan Selatan, Mempermaklumkan Berdirinya Pemerintahan Gubernur Tentara Dari "Alri"

Melingkungi Seluruh Daerah Kalimantan Selatan Menjadi Bagian Dari Republik Indonesia, Untuk Memenuhi Isi Proklamasi 17 Agustus 1945

Yang Ditandatangani Oleh Presiden Soekarno Dan Wakil Presiden Mohammad Hatta.

Hal-Hal Yang Bersangkutan Dengan Pemindahan Kekuasaan Akan Dipertahankan Dan Kalau Perlu Diperjuangkan Sampai Tetes Darah Yang Penghabisan.

Tetap Merdeka ! Kandangan, 17 Mei IV Rep. Atas Nama Rakyat Indonesia Di Kalimantan Selatan Gubernur Tentara Hassan Basry.


Aditya berharap peringatan hari ini dapat membangkitkan kembali semangat perjuangan para pahlawan kepada generasi muda. "Semoga generasi muda kita terus menggelorakan semangat ini dalam membangun dan melayani bangsa dan negara," ucapnya.

Setelah acara upacara selesai, dilakukan juga foto bersama sebagai bentuk dan penorehan sejarah bahwa Proklamasi Gubernur Tentara ALRI selalu diperingati di Kota Banjarbaru.

Sumber: mediacenter.banjarbarukota.go.id

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال