Pemprov Kalsel Ajak KIM Jadi Presenter Berkarakter

SIMBOLIS: Penyerahan pemenang Presenter Terbaik kepada peserta yang mengikuti kegiatan Media Training menjadi presenter berkarakter di salah satu hotel di Kota Banjarbaru - Foto Dok diskominfomc.kalselprov.go.id

BORNEOTREND.COM- Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Provinsi Kalsel menggelar Media Training kepada Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) menjadi presenter berkarakter.

Kepala Dinas Kominfo Provinsi Kalsel Muhamad Muslim melalui Kepala Seksi Kemitraan dan Layanan Hubungan Bidang Komunikasi Publik Erlinda Puspita Ningrum menjelaskan, kegiatan Media Training sebagai salah satu program pembinaan peningkatan sumber daya manusia bagi KIM se-Kalsel.

“Ini kita lakukan dalam rangka menjalin kemitraan dengan pemangku kepentingan komunikasi publik,” ujar Erlinda Puspita Ningrum, Selasa (9/5/2023) di Banjarbaru.


Pembinaan ini nantinya terus dilakukan, terutama untuk pemenang kali ini akan diberdayakan ke dalam program-program komunikasi publik ke depan, sehingga program pembinaan bisa berjalan dalam waktu jangka panjang.

“Bagi mereka yang terlibat di dalam program ini pun ada kepastian atau setidaknya wadah ke depan yang bisa mereka manfaatkan secara berkelanjutan,” tambahnya.

Media Training mengangkat tema, “Yuk, Belajar jadi Presenter Berkarakter” dengan latar belakang pada Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika RI Nomor 08/PER/M.Kominfo/6/2010 tentang Pedoman Pengembangan dan Pemberdayaan Lembaga Komunikasi Sosial mengarahkan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk meningkatkan peran dan kemampuan KIM, Kelompok Pertunjukan Rakyat, Kelompok Pemantau Media, dan Lembaga Komunikasi Organisasi Profesi untuk mendiseminasikan informasi pada berbagai jenis media komunikasi.

Maksud kegiatan dilakukan yakni melatih keterampilan komunikasi para mitra strategis untuk menjadi presenter atau pembawa acara pada media penyiaran TV dan media digital.

“Sedangkan tujuannya yakni untuk meningkatkan keterampilan peserta training agar dapat memenuhi persyaratan menjadi seorang presenter, mengasah produktifitas peserta training untuk menjadi presenter yang punya kreatifitas tinggi,” tuturnya.

Media Training diawali dengan pembekalan, pemberian materi kemudian dilakukan praktik sekaligus dilombakan. 3 juri yang dilibatkan yakni dua di antaranya dari praktisi dan Kepala Bidang Komunikasi Publik Dinas Kominfo Kalsel Jajang Markoni.

Sumber: diskominfomc.kalselprov.go.id

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال