Pemkab Pulang Pisau Hibahkan 44,6 Hektar Tanah Pelabuhan Bahaur

 

HIBAH: Penyerahan hibah sertifikat tanah Pelabuhan Bahaur oleh Sekda Kabupaten Pulang Pisau Tony Harisinta kepada Kepala KSOP Kelas IV Pulang Pisau M Arief Prasetyo -Foto dok IST


BORNEOTREND.COM- Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah Tony Harisinta (29/5/2023) mengatakan pemerintah setempat telah menyerahkan sertifikat tanah yang menjadi aset milik pemerintah seluas 44,6 hektar kepada KSOP Kelas IV Pulang Pisau yang diperuntukan pembangunan pelabuhan multipurpose atau pelabuhan umum di Bahaur.

"Penyerahan hibah aset berupa sertifikat tanah seluas 44,6 hektar ini berdasarkan Surat Keputusan Bupati Pulang Pisau Nomor 358 Tahun 2022 tentang pelaksanaan hibah berupa tanah milik pemerintah Kabupaten Pulang Pisau kepada Dirjen Perhubungan Laut Kementrian Perhubungan RI," Kata Tony Harisinta.

Tony Harisinta mengungkapkan kesediaan pemerintah setempat memberikan hibah tanah seluas 44,6 hektar ini atas dasar tujuan pembangunan nasioanal. Secara khusus sebagai bentuk keselarasan program pembangunan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk mendorong terciptanya pemerataan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat serta pelayanan publik di bidang pelabuhan laut.

Menurutnya, pemerintah setempat berharap harapan penyerahan aset ini bisa memberikan kontibusi nyata baik mikro maupun makro pada pertumbuhan roda perekonomian, membuka lapangan kerja baru, serta mampu mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD).

Lanjut dikatakan Tony Harisinta, penyerahan hibah tanah milik pemerintah setempat kepada Kementerian Perhubungan Laut ini dengan tujuan untuk pengembangan pelabuhan umum Bahaur. Keberadaan pelabuhan ini sudah barang tentu memiliki efek manfaat yang lebih besar dalam kemajuan peningkatan roda perekonomian bagi masyarakat di sekitar pelabuhan tersebut.

Kepala Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas IV Kabupaten Pulang Pisau Arief Prasetyo (29/5/2023) memberikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Bupati Pulang Pisau Pudjirustaty Narang yang telah memberikan hibah tanah kepada Kementerian Perhubungan RI.

Arief Prasetyo mengungkapkan bahwa KSOP Kelas IV Kabupaten Pulang Pisau sebagai operator atau pengelola Pelabuhan Bahaur juga berharap kedepan keberadaannya sangat memberikan kontribusi nyata kepada pemerintah setempat, khususnya pada bidang jasa dan perekonomian.

Dikatakan Arief Prasetyo, pembangunan pelabuhan multipurpose atau pelabuhan umum ini oleh pemerintah pusat digelontorkan anggaran sebesar Rp70 Miliar yang ditargetkan bisa selesai di akhir 2023 dan apabila selesai nantinya akan diresmikan oleh Bapak Presiden RI, Joko Widodo.

Arief Prasetyo mengakui terkait dengan sarana pendukung infrastruktur jalan masih dalam tahap pembahasan bersama pemerintah kabupaten, provinsi, dan pemerintah pusat. Bagaimana kesiapan pemerintah setempat sangat diperlukan menyambut keberadaan pelabuhan laut multipurpose atau pelabuhan umum tersebut yang salah satunya adalah sebagai penopang keberadaan proyek strategis nasional food estate di Kalimantan Tengah khususnya di Kabupaten Pulang Pisau.

Penulis: Agerson

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال