Jokowi Terima Banyak Aduan soal Jalan Rusak, Istana Pastikan Segera Diperbaiki

ADUAN JALAN RUSAK: Presiden Joko Widodo (kiri) didampingi Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (kanan) meninjau jalan rusak di Kampung Rama Nirwana, Seputih Raman, Lampung Tengah, Lampung, Jumat (5/5/2023) -Foto dok nasional.kompas.com

 

BORNEOTREND.COM- Deputi Bidang Pers, Protokol dan Media Sekretariat Presiden (Setpres) Bey Machmudin mengatakan, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sudah menyiapkan anggaran untuk perbaikan jalan di seluruh Indonesia untuk tahun anggaran 2023/2024, yakni sebesar Rp 32,7 triliun.

Ketentuan anggaran tersebut pun sudah dituangkan ke dalam Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2023 tentang Jalan Daerah. Dengan begitu, perbaikan jalan yang rusak bisa segera dilakukan.

"Secara bertahap perbaikan (jalan rusak) akan segera dilakukan, seperti di Provinsi Lampung akan segera dimulai perbaikan paling lambat Juli 2023 karena harus ada proses lelang," ujar Bey dalam keterangan tertulisnya, Senin (15/5/2023).


Bey juga menjelaskan alasan mengapa Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka aduan soal jalan rusak di akun Instagram resminya @jokowi.

Menurut Bey, aduan tersebut sebagai sarana untuk memeriksa ulang data mengenai kerusakan jalan secara nasional.

Ia mengatakan, sebetulnya Kementerian PUPR telah melakukan pendataan dan juga survei ruas jalan yang rusak di seluruh provinsi.

Survei itu dilakukan oleh Balai Besar/Balai Pelaksanaan Jalan Nasional yang ada di daerah.

"Justru dengan adanya pengaduan masyarakat/warganet di akun media sosial Presiden Jokowi, dapat dilakukan cross check," kata Bey.

"Antara data dari Kementerian PUPR dengan data yang disampaikan warganet, sehingga akan lebih tepat sasaran," ujarnya lagi.

Diketahui, pada 5 Mei 2023, Presiden Jokowi mengunggah soal pemberitahuan bahwa ia membuka pengaduan jalan rusak bagi masyarakat.

Hingga 9 Mei 2023, unggahan itu telah mendapat ratusan ribu komentar netizen dan telah mendapatkan lebih dari 1,5 juta likes.

Dalam unggahan itu, Presiden Jokowi menyampaikan pesan seluruh masyarakat Indonesia melaporkan kondisi kerusakan jalan di daerah masing-masing.

Laporan bisa disampaikan melalui kolom komentar maupun pesan langsung ke akun Instagram Presiden.

"Apabila jalan di daerah anda masih rusak parah dan sudah lama tidak diperbaiki, sampaikan kepada saya melalui kolom komentar dan kirim video melalui pesan langsung di akun Instagram ini," tulisnya.

Presiden juga menegaskan bahwa pembangunan infrastruktur jalan sangat penting untuk mendukung arus mobilitas barang dan orang.

Sebab, mobilitas yang lancar akan membantu menurunkan biaya logistik dan harga barang di pasar-pasar.

Di kolom komentar, netizen mengadukan kerusakan jalan yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia.

Bahkan, ada netizen yang menyertakan akun-akun Instagram para kepala daerah hingga pejabat dalam aduan itu.

Warga Madura yang melaporkan kondisi jalan rusak misalnya, dengan me-mention akun Instagram Mahfud MD.

Ada pula sejumlah aduan dari warga Jawa Tengah yang menyertakan mention kepada Gubernur Ganjar Pranowo.

Aduan lainnya pun datang dari Sumatera Barat, Gowa, Lebak, Kalimantan dan berbagai daerah lain.

Bahkan, ada warga yang mencurahkan keresahannya karena sejak sekolah hingga lulus kuliah jalan di daerahnya tak kunjung diperbaiki.

Terbaru, netizen melaporkan kondisi jalan rusak yang berada di sekitar wilayah Jabodetabek, yakni Bekasi dan Bogor.

Unggahan tersebut juga mendapatkan komentar dari para artis, selebgram, dan publik figur ibu kota yang menyampaikan tanggapan positif.

Sumber: nasional.kompas.com

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال