Berkat Dukungan Penuh Paman Birin, Kebun Raya Banua Raih Penghargaan Terbaik Dari BRIN

SIMBOLIS: Kebun Raya Banua saat menerima penghargaan terbaik kedua se-Indonesia dari BRIN - Foto Dok wasaka.kalselprov.go.id


BORNEOTREND.COM- Kabar gembira datang dari Kebun Raya Banua milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalsel.

Hal itu setelah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) memberikan penghargaan terbaik kedua se-Indonesia bertepatan dengan peringatan hari ulang tahun ke 206 Kebun Raya Bogor pada, Rabu (17/5/2023) lalu.

Diserahkan langsung oleh Presiden ke-5 RI Megawati Sukarnoputri, penghargaan ini diterima oleh Kepala UPTD Kebun Raya Banua Adilla Redha Yanti. Tampak hadir juga dalam penyerahan penghargaan ini Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah (BRIDA) Pemprov Kalsel Muhammad Amin.

Penghargaan yang diserahkan Megawati Sukarnoputri yang juga Dewan Pembina BRIN ini adalah bentuk apresiasi BRIN selaku pembina pembangunan kebun raya di Indonesia kepada para pengelola Kebun Raya Daerah yang dinilai telah menunjukkan komitmen dan konsistensi yang kuat dalam menjalan fungsi-fungsi kebun raya. Penghargaan ini berdasarkan hasil penilaian dan evaluasi yg panjang dari berbagai juri.

Kebun raya telah memberikan manfaat bagi masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung. Selain manfaat ekologi dan menyelamatkan keanekaragaman hayati tumbuhan, kebun raya juga memberikan dampak ekonomi, sosial hingga Pendapatan Asli Daerah (PAD) bagi pemerintah daerah.

“Alhamdulilah. Puji dan syukur kepada Allah SWT atas keberhasilan ini. Kami menyampaikan ucapan terimakasih kepada Bapak Gubernur Kalsel Sahbirin Noor atau dukungan kepada Kebun Raya Banua selama ini,” kata Adilla.


Dirinya mengungkapkan, dukungan penuh dari Paman Birin, sapaan akrab Gubernur Kalsel adalah salah satu indikator terbesar dalam penilaian.

"Gubernur Paman Birin sangat memperhatikan serta memberi dukungan untuk kebun raya banua baik itu kebijakan maupun anggaran. Sehingga menjadi semangat UPTD Kebun Raya Banua untuk terus mengembangkan berbagai inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat Banua," tambahnya.

Sementara itu, Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor atau Paman Birin mengapresiasi percapaian UPTD Kebun Raya Banua sehingga meraih penghargaan tingkat nasional.

Pun begitu, Paman Birin tetap berpesan agar Kebun Raya Banua terus bergerak maju, menjadi lebih baik lagi serta banyak memiliki manfaat bagi masyarakat Provinsi Kalsel. Baik sebagai pusat pengembangan ilmu pengetahuan, budidaya berbagai tanaman hingga pusat rekreasi.

“Selamat untuk Kebun Raya Banua. Terus tingkatkan dan bergerak lebih maju lagi,” bebernya.

Sebelumnya, Plt. Deputi Pemanfaatan Riset dan Inovasi BRIN R. Hendrian mengatakan, keberlangsungan kebun raya di daerah sangat ditentukan oleh dukungan dan komitmen dari Pemerintah Daerah.

“Pengelolaan kebun raya berkaitan dengan banyak hal. Di antaranya adalah status lahan yang harus sudah memiliki dasar hukum tetap, tidak dialihfungsikan, tersedianya dukungan regulasi dan kebijakan, serta ketersediaan business plan yang matang, termasuk di dalamnya yang berkenaan dengan SDM dan anggaran," tuturnya.

Kebun raya daerah yang dinyatakan sebagai kebun raya terbaik yaitu Kebun Raya Indrokilo Boyolali (Jawa Tengah), Kebun Raya Banua Pemprov Kalsel, Kebun Raya Balikpapan serta Kebun Raya ITERA.

Sampai saat ini terdapat 51 kebun raya di Indonesia. Kebun raya tersebut terdiri dari 5 kebun raya dikelola BRIN, 41 Kebun raya dikelola Pemerintah Daerah, 3 kebun raya dikelola Perguruan Tinggi. 1 kebun raya dikelola BUMN serta1 kebun raya dikelola swasta.

Sumber: wasaka.kalselprov.go.id

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال