Bupati Pulang Pisau Apresiasi Pagelaran Pentas Seni Budaya Manggatang Utus

 

PENTAS SENI: Pembukaan pentas seni dan budaya Manggatang Utus Jilid IV di Kecamatan Jabiren Raya -Foto dok IST


BORNEOTREND.COM- Bupati Kabupaten Pulang Pisau Kalimantan Tengah Pudjirustaty Narang melalui Asisten II Sekretariat Daerah (Setda) Edy Purwanto Casmani (18/5/2023) mengapresiasi atas terselenggaranya pagelaran pentas seni dan budaya daerah Manggatang Utus Jilid IV yang diselenggarakan di Kecamatan Jabiren Raya selama enam hari.

"Diadakannya kegiatan pentas seni dan budaya ini pastinya memiliki tujuan yang sangat mulia dalam upaya untuk melestarikan dan menumbuhkan minat masyarakat terhadap seni budaya daerah. Selain itu berperan dalam membangun kebersamaan dan kreativitas," kata Edy Purwanto.

Menurutnya, kegiatan ini juga merupakan bagian dari tanggungjawab untuk kita semua agar dapat mendorong para generasi muda dan masyarakat untuk semakin mencintai seni dan budaya asli daerah. Untuk itu perlu adanya kebersamaan dalam menjaga nilai kesenian dan kebudayaan daerah dari pesatnya kemajuan jaman yang bisa saja menggerus nilai-nilai kekayaan daerah.

Dirinya mengatakan, melalui pementasan serta perlombaan seni dan budaya dalam Manggatang Utus Jilid IV 2023 yang diselenggarakan Kedamangan Jabiren Raya sudah sepantasnya mendapatkan apresiasi. Kegiatan ini bisa menjadi contoh untuk seluruh lapisan masyarakat, tidak terkecuali masyarakat Kabupaten Pulang Pisau dalam melestarikan kesenian dan kebudayaan adat yang telah menjadi warisan hingga saat ini.

Canggihnya perkembangan zaman dalam sarana media informasi dan komunikasi sangat yang mudah dijangkau oleh siapapun dari seluruh elemen masyarakat hingga ke pelosok-pelosok, tentunya bisa dimanfaatkan sebagai promosi bagi daerah dan menjadi perhatian bersama khususnya para generasi muda kabupaten setempat.

Edi Purwanto berharap, kegiatan pentas seni dan budaya bisa berjalan dengan baik, lancar, dan aman hingga selesai pada waktu yang telah ditetapkan oleh penyelenggara. Melalui kegiatan ini para generasi muda bisa semakin lebih tertarik dan bertambah untuk melestarikan kesenian lokal yang ada di Kabupaten Pulang Pisau.

Pembukaan Pagelaran Menggatang Utus Jilid IV dihadiri diantaranya Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Edvin Mandala, Damang Jabiren Raya Syaiful, Kepala Disbudpar Bakhzar Efendi serta sejumlah anggota DPRD kabupaten setempat. Pagelaran melibatkan berbagai talenta dan pelaku seni yang ada di Kabupaten Pulang Pisau yang menampilkan berbagai seni pementasan dan lomba kesenian tradisional dan modern diantaranya tari-tarian, karungut, seni rupa, hingga seni beladiri lawang sakepeng, dan berbagai lomba lainnya.

Penulis: Agerson

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال