Gelar Reses, Novan Serap Aspirasi Warga Kelurahan Air Putih

DISKUSI: Anggota DPRD Kota Samarinda M. Novan Syahronny Pasie saat menggelar reses bersama warga Kelurahan Air Putih - Foto Dok Agustina


BORNEOTREND.COM- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda M. Novan Syahronny Pasie menggelar Resap Aspirasi (Reses) masa sidang II, Rabu (17/5/2023) lalu pukul 19.30 WITA, bersama warga Rukun Tetangga (RT) 23, Kelurahan Air Putih, Kecamatan Samarinda Ulu.

Dalam kesempatan tersebut, Novan yang juga Sekretaris Komisi III DPRD Kota Samarinda menjelaskan, bahwa pelaksanaan reses itu sebagai upaya untuk menghimpun masukan-masukan warga, terutama di wilayah Kecamatan Samarinda Ulu.

"Pada reses kali ini ada beberapa hal yang saya resap, salah satunya aspirasi terkait renovasi konektifitas saluran drainase yang dibeberapa titik mengalami kebuntuan dan juga program pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)," kata Novan.


Kemudian dari aspirasi tersebut, secara garis besar dirinya sudah mendorong pemerintah untuk melakukan normalisasi parit yang saat ini tengah dikerjakan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Samarinda, ditambah bantuan keuangan (Bankeu) Provinsi Kaltim.

"Terkait normalisasi drainase, sudah ada bantuan keuangan provinsi yang turun untuk saluran parit dari bawah jalan fly over Juanda hingga depan Kantor Imigrasi Jalan Juanda. Normalisasi ini penting karena bila terjadi hujan deras, wilayah sumbatan tersebut berdampak terjadinya genangan di jalanan," ucap politisi Partai Golkar itu.

Terkait pengembangan UMKM, ada beberapa program usulan yang juga didorong ke Pemkot Samarinda dan beberapa sudah berjalan, diantaranya soal kredit mikro melalui program Kredit Berusaha, Beruntung dan Berkah (Bertuah), yang bekerjasama dengan Bankaltimtara.

"Selain itu program kongkrit lainnya untuk pengembangan UMKM adalah kerja sama usaha RT dengan Perumda Varia Niaga Samarinda dalam jaringan toko sembako. Hal itu tentunya sudah ditindaklanjuti perusda tersebut sesuai syarat dan ketentuan," tambah dia.

Menurutnya, Kegiatan reses tersebut juga sebagai kesempatan untuk mengetahui relevansi program Pemkot Samarinda dengan kebutuhan masyarakat setempat.

“Alhamdulilah dari beberapa program Pemkot Samarinda, masyarakat mengakui sudah tepat sasaran,” tutupnya.

Penulis: Agustina

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال