Samosir Ajak Warga Aktif Laporkan Masyarakat Pra Sejahtera Di Sekitarnya Yang Perlu Penanganan Sosial

DISKUSI: Anggota DPRD Banjarmasin Saut Nathan Samosir saat menggelar reses perorangan bersama warga Kelurahan Telaga Biru - Foto Dok Arief 

BORNEOTREND.COM- Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banjarmasin Saut Nathan Samosir mengajak masyarakat, untuk aktif melaporkan jika ada keluarga atau tetangganya yang masuk kategori masyarakat pra sejahtera dan perlu penanganan sosial oleh Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin.

Hal itu disampaikannya saat melakukan reses perorangan bersama ratusan warga Kelurahan Telaga Biru, Sabtu (15/4/2023) lalu di Kedai 99 Trisakti Banjarmasin.

“Jadi bapak dan ibu, jika ada keluarga atau tetangganya yang masuk kategori masyarakat pra sejahtera dan perlu penanganan sosial, misalnya sakit namun tidak memiliki akses berobat kerumah sakit, lalu kondisi rumahnya memprihatinkan hingga kesulitan untuk membeli sembako untuk kebutuhan sehari-hari karena yang bersangkutan sakit atau tidak bekerja. Saya minta bapak dan ibu aktif melaporkannya melalui berbagai perangkat yang ada di Pemko Banjarmasin,” ungkap Samosir sapaan akrabnya.


Perangkat yang ada sendiri bisa melalui yang paling dasar, yakni tingkat RT, RW atau Kelurahan. Lalu bisa juga melalui Dinas Sosial hingga Walikota atau Wakil Walikota Banjarmasin.

“Lapor ke DPRD Banjarmasin pun bisa melalui komisi IV yang saya pimpin. Nanti akan segera saya teruskan ke instansi yang membidanginya agar bisa dicarikan solusi dan ditangani segera,” tambahnya.

Dirinya menceritakan banyak sekali contoh kasus masyarakat pra sejahtera dan perlu penanganan sosial ini terabaikan karena tidak adanya laporan oleh masyarakat ke perangkat yang ada di Pemko Banjarmasin.

“Misalnya terbaru yang baru saja saya datangi, tempatnya persis tidak jauh dari usaha saya yakni Ekspedisi Lintas Jawa Group. Dalam 1 keluarga semuanya kena stroke semua dan tidak ada pekerjaan, bahkan rumahnya sudah hampir roboh. Ini baru ketahuan setelah bertahun-tahun dan media yang melaporkan ke saya. Padahal harusnya ini bisa kita tangani jauh hari jika ada warga atau keluarga terdekat disana yang melaporkan,” timpal Politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu.

Karena itulah sekali lagi ia mengingatkan pentingnya peran masyarakat untuk memperhatikan keluarga atau tetangga sekitarnya yang membutuhkan bantuan dan masuk kategori masyarakat pra sejahtera.

“Hal itu agar mereka bisa segera mendapatkan akses bantuan sehingga beban yang mereka tanggung bisa kita ringankan,” jelasnya.


WAWANCARA: Anggota DPRD Kota Banjarmasin Saut Nathan Samosir - Foto Dok Arief

Sementara itu, Hasyim, warga Kelurahan Telaga Biru mengaku senang bisa hadir dalam reses perorangan yang digelar oleh Anggota DPRD Banjarmasin Saut Nathan Samosir.

Hal itu karena ia bisa mengetahui bahwa bagi keluarga pra sejahtera, mereka ternyata bisa mendapatkan akses berobat hingga kerumah sakit, karena anggarannya sudah dijamin oleh Pemko Banjarmasin.

“Nanti beberapa tetangga dan keluarga saya yang masuk kategori masyarakat pra sejahtera akan saya usulkan untuk bisa mendapatkan akses berobat gratis tersebut. Karena kasihan mereka selama ini penanganan pengobatannya sangat terbatas, padahal sakitnya sudah masuk kategori parah,” tukasnya.

Penulis: Arief Rahman

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال