Petani Milenial Tala Lolos Grand Final Young Ambassador Agriculture Kementan RI

PETANI MILENIAL: Adam Eko Rasyatria berfoto besama Bupati Tanah Laut HM Sukamta – Foto Dok Zainal


BORNEOTREND.COM - Petani millenial asal Desa Kunyit, Kecamatan Bajuin, Kabupaten Tanah Laut, Adam Eko Rasyatria berhasil lolos dalam Grand Final Young Ambassador Agriculture Kementerian Pertanian (Kementan) Republik Indonesia (RI). 

Lolosnya perwakilan petani millenial asal Tanah Laut ini diapresiasi langsung oleh Bupati Tanah Laut Muhammad Sukamta, Kamis (27/4/2023).

Bupati Sukamta menilai sosok petani millenial Adam dapat menjadi contoh anak muda di daerah yang terjun ke sektor pertanian terutama di budidaya tanaman pangan.

"Kami pemerintah daerah terus mendorong para pemuda agar terjun ke sektor pertanian, terkhusus tanaman pangan," tandasnya.

Sukamta menambahkan, masalah pangan saat ini menjadi problem di dunia. Oleh karena itu Kabupaten Tanah Laut yang mempunyai potensi harus menjadi salah satu bagian dalam menyelamatkan masalah pangan dunia.

Sementara itu, Adam Eko Rasyatria mengatakan terdapat 11 komoditi pangan yang menjadi konsen agar terus dijaga ketersedian dengan harga wajar salah satunya yakni beras, jagung, kedelai, bawang cabai, daging unggas, telur unggas dan daging ruminansia. 

"Potensi bisnis komoditi prioritas pangan tersebut sangatlah besar sehingga perlu kolaborasi dengan berbagai pihak termasuk para pemuda yag berminat terjun kesektor pertanian khususnya tanaman pangan," ungkapnya.

Young Ambassador Kementerian Pertanian RI sendiri merupakan kegiatan yang diinisiasi oleh Program Youth Entrepreneurship and Employment Support Services dari Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian.

Young Ambassador merupakan kegiatan pemilihan pengusaha muda di sektor pertanian dari seluruh Indonesia untuk dapat mempromosikan dan mengajak kaum muda di seluruh penjuru Negeri Indonesia untuk terlibat secara aktif di sektor pertanian.

Selain untuk mengubah persepsi kaum muda atas sektor pertanian menjadi lebih baik, kegiatan ini juga memberikan motivasi bagi mereka untuk terjun ke sektor pertanian di usia muda.

Adam Eko Rasyatria berhasil Lolos ke tahap Seleksi portofolio dan administrasi dari 1.050 peserta menjadi 90 peserta yang dilaksanakan di Depok pada tanggal 23-28 Februari 2023 dan berhasil Lolos menjadi 70 Nomine atau finalis menuju Grand Final untuk mencari 50 Young Ambasador Agriculture Kementerian Pertanian RI 2023 yang akan dilaksanakan di IPB International Convetion Center (IPB ICC) pada tanggal 2-5 mei mendatang.

Adam yang juga aktif dalam Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Kabupaten Tanah Laut merupakan satu-satunya perwakilan dari Tanah Laut yang berhasil lolos ke tahap Grand Final.

Selain Adam juga terdapat satu perwakilan dari dari Kabupaten Tabalong dari Kalimantan Selatan yang memiliki dua nomine yang akan berkompetisi dalam ajang Nasional pemilihan Young Ambasador Agriculture tersebut.

Penulis: Zainal

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال