BPBD Kota Palangka Raya Normalisasi Drainase Untuk Antisipasi Banjir

BERGERAK: Tim Tanggap Bencana BPBD Kota Palangka Raya saat membersihkan sungai untuk antisipasi banjir - Foto Dok mediacenter.palangkaraya.go.id


BORNEOTREND.COM- Tim Tanggap Bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Palangka Raya melakukan normalisasi drainase menuju saluran induk pasca banjir di beberapa kawasan di Kota Palangka Raya, Sabtu (15/4/2023).

Kepala BPBD Kota Palangka Raya melalui Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Rodius menyampaikan, bahwa salah satu penyebab banjir adalah dikarenakan tersumbatnya derainase akibat tumpukan sampah.

“Untuk menanggulanginya hari ini Tim Gabungan BPBD Kota Palangka Raya, Relawan dan Personil Satpol PP Kota Palangka Raya melakukan pembersihan drainase induk di Jalan Yos Sudarso menuju ke Jalan Mahir Mahar. Pada lokasi tersebut terdapat sekat kanal yang telah dibuat oleh BPBD Kota Palangka Raya,” ucap Rodius.


Pembersihan lokasi sekat kanal tersebut sebagai upaya pemulihan saluran air menuju saluran induk yang bermuara di sungai Kereng Bangkirai. Sehingga tidak ada lagi yang menghambatnya.

Selain untuk mengantisipasi terjadinya banjir, sekat kanal dibersihkan juga guna difungsikan saat masuk musim kemarau sebagai sumber air untuk mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan.

“Karena masih dalam status tanggap dalurat bencana banjir, BPBD Kota Palangka Raya bersama Tim Gabungan besok kembali melakukan normalisasi pembersihan sampah-sampah pada drainase saluran induk yang menuju sungai Kahayan yang berdekatan dengan kawasan komplek Pasar Kahayan,” pungkas Rodius. 

Sumber: mediacenter.palangkaraya.go.id

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال