TNI AL Banjarmasin Tanam 1.500 Pohon Mangrove

TANAM MANGROVE: Prajurit Lanal Banjarmasin, Personil Lanud Sjamsudin Noor dan Koramil 1009/04 Takisung serta masyarakat menanam ribuan bibit pohon mangrove di Takisung – Foto Dok Fathur


BORNEOTREND.COM - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Banjarmasin menanam sebanyak 1.500 pohon Mangrove di pesisir Desa Pagatan Besar, Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalsel, Kamis (9/3/2023). 

Kegiatan dengan tema "Penanaman Mangrove Nasional Guna Kelestarian Lingkungan Hidup Sebagai Dukungan Kepada Pemerintah Demi Suksesnya Program Rehabilitasi Hutan Mangrove Di Indonesia" ini dilaksanakan sebagai upaya untuk menjaga ekosistem perairan antara Laut, pantai dan daratan serta  mencegah terjadinya bencana alam.

Pejabat pengganti sementara (Pgs) Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Danlanal) Banjarmasin Mayor Laut (P) Muhammad Arif ST MT menyampaikan, penanaman pohon Mangrove ini dilaksanakan dengan bersinergi antara Prajurit Lanal Banjarmasin, Personil Lanud Syamsudin Noor dan Koramil 1009/04 Takisung serta masyarakat yang bertujuan mendukung dan mensukseskan program pemerintah dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup dan rehabilitasi hutan mangrove di Indonesia.

“Adapun manfaat mangrove lainnya yaitu melindungi keanekaragaman hayati, menyediakan habitat pembibitan berharga bagi biota ikan, sebagai bentuk pertahanan pantai alami terhadap gelombang badai tsunami serta naiknya permukaan laut dan cegah bahaya erosi,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, pohon mangrove bisa dijadikan sebagai tempat obyek wisata alam kebaharian, sumber pendapatan bagi nelayan, mencegah pemanasan global iklim dan cuaca serta mendorong pertumbuhan kesejahteraan perekonomian masyarakat. 

Melalui kegiatan ini, Danlanal mengharapkan agar semua masyarakat bisa sadar dan memahami akan pentingnya nilai keindahan di pantai dan berkomitmen untuk merawat ataupun melindungi pohon mangrove.

Penulis: Fathur

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال