Sukamta Harap Program Unggulan di Masa Kepemimpinanya Terus Berlanjut

TANDA TANGAN: Bupati Tala HM Sukamta menandatangani dokumen kegiatan Musrenbang RKPD Tingkat Kabupaten tahun 2024 di Balai Mangkubumi Kantor Bappeda Tala – Foto Dok Diskominfo Tala

BORNEOTREND.COM - Bupati Tanah Laut (Tala), HM Sukamta mengharapkan agar program unggulan pada masa kepemimpinannya bersama Wakil Bupati Tala Abdi Rahman periode 2018-2023 terus dilanjutkan oleh kepala daerah yang akan menggantikannya nanti.

Demikian harapan yang dikemukakan orang nomor satu di Tala itu saat kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) pada Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tingkat Kabupaten tahun 2024 di Balai Mangkubumi Kantor Bappeda Tala, Kamis (30/3/2023). 

"Katakanlah seperti hibah sebesar Rp  miliar bagi kegiatan keagamaan dan sosial pada setiap kecamatan. Ini sangat dirasakan betul manfaatnya oleh masyarakat. Semoga ini terus dipertahankan," ucap Bupati yang akan mengakhiri masa tugasnya pada September 2023 nanti.

Sukamta juga menyinggung soal Gerakan Peningkatan Usaha Rakyat melalui Kredit Tanpa Bunga dan Rente Bagi Ekonomi Lemah atau yang dikenal dengan Program Gapura Karomah. 

Menurutnya, program ini juga layak dilanjutkan karena mampu memberikan dampak nyata bagi masyarakat dalam meningkatkan usaha.

"Bantuan dengan bunga nol persen melalui Gapura Karomah ini semoga terus berlanjut, terutama untuk memenuhi kebutuhan ultra mikro seperti ukm/ikm yang sangat kecil yang memang tidak dapat terlayani oleh bank konvensional," tuturnya.

Ihwal penataan kota juga tidak lepas dari sorotan Sukamta pada 2024 nanti.

Bupati yang masih memiliki wewenang dalam merencanakan program untuk tahun tersebut ingin terus melihat pembangunan berlanjut seperti halnya pedestrian tahun 2023 yang mulai terlihat pengerjaannya di sepanjang dari Simpang 3 POM Bensin Angsau menuju Simpang Tugu PKK.

"2024 kita siapkan juga penataan kota dari Jalan KH Mansyur, Gagas Permai, Jalan Datu Insyad, Jalan A Syairani hingga Simpang 3 Sarang Halang," ujarnya.

Sukamta pun menegaskan, program-program seperti ini jangan sampai terkesan menempel pada dirinya yang seolah bila bukan lagi sebagai kepala daerah, maka program seperti ini tidak akan ada lagi. 

Oleh karena itu, Sukamta yang masih memiliki wewenang dalam merencanakan program untuk tahun tersebut akan memaksimalkan sisa masa jabatan ini dalam merancang pembangunan kendati yang akan menjalankan program RKPD 2024 nanti adalah penjabat bupati. 

Penulis: Zainal/Diskominfo Tala

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال