Kunjungi Pasar Wadai, Ketum KADIN Kagum Komitmen Pemda Berdayakan UMKM

SIMBOLIS: Ketua Umum KADIN Muhammad Arsyad Rasjid saat mengunjungi stand PPJI Kalsel di Pasar Wadai Siring 0 Kilometer Banjarmasin - Foto Dok Arief 

BORNEOTREND.COM- Ketua Umum KADIN Muhammad Arsyad Rasjid beserta jajaran Pengurus KADIN Pusat berkesempatan mengunjungi Pasar Wadai 0 Kilometer Banjarmasin.

Kegiatan kunjungan ini dilakukannya setelah selesainya Pelantikan Dewan Kehormatan, Dewan Penasehat, Dewan Pertimbangan dan Dewan Pengurus KADIN Provinsi Kalsel Periode 2022 – 2027 yang mengambil tema “Pengusaha Bergerak, UMKM Bangkit Perekonomian Kalsel Maju”, Kamis (30/3/2023) di Mahligai Pancasila Banjarmasin.

Disela kunjungannya tersebut, Muhammad Arsyad Rasjid mengaku kagum dengan kehadiran Pasar Wadai yang hadir selama momen Ramadan di Kota Banjarmasin. Hal itu karena selain bisa menjadi pilihan masyarakat untuk membeli aneka makanan, minuman dan kudapan. Keberadaan Pasar Wadai juga memberdayakan UMKM.

“Beliau kagum karena kita ceritakan Pasar Wadai ini sudah ada puluhan tahun dan selalu hadir tiap momen Ramadan di Kota Banjarmasin. Hal itu karena selain bermanfaat bagi masyarakat juga bermanfaat bagi UMKM, karena mereka jadi punya wadah untuk mereka berjualan selama momen Ramadan,” ungkap Ketua KADIN Kota Banjarmasin Muhammad Akbar Utomo S.


Bahkan dalam kesempatan itu Muhammad Arsyad Rasjid juga memuji beberapa produk UMKM lokal yang dijual di stand Pasar Wadai, sudah memiliki packing yang bagus dan punya keunikan tersendiri.

“Beliau titip pesan agar UMKM di Kalsel bisa terus diberdayakan oleh KADIN. Supaya semakin banyak produk lokal yang dapat berkembang pasarnya dan naik kelas,” tambahnya.


MEMILIH: Ketua KADIN Kota Banjarmasin Muhammad Akbar Utomo S (kanan) saat mendampingi Ketua KADIN Muhammad Arsyad Rasjid (tengah) memilih produk UMKM khas Kalsel - Foto Dok Arief

KADIN Kota Banjarmasin sendiri diklaimnya di tahun 2023 ini akan mengintensifkan kembali program pembinaan kepada pelaku UMKM. Baik dalam hal pelatihan manajemen SDM, Pemasaran, Keuangan hingga Operasional.

“Bahkan bagi UMKM yang sudah punya produk potensial, mereka akan kita dorong untuk bisa ikut dalam even pameran di tingkat lokal hingga nasional,” jelasnya.

Hal ini tentunya dilakukan agar KADIN Kota Banjarmasin bisa terus mencetak UMKM yang dapat naik kelas kedepannya.

“Kami ingin menjadi mitra yang baik bagi Pemerintah Daerah seperti pesan Paman Birin dalam pelantikan tadi. Yaitu terus berdayakan UMKM agar mereka bisa naik kelas,” tukasnya.

Penulis: Arief Rahman

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال