Gelar Soswabang ke-3, M Udin Ingatkan Pertahankan Rasa Cinta Tanah Air

RAMAI: Legislator Kaltim M Udin saat menggelar Soswabang di Kampung Muara Lawa Kabupaten Kutai Barat - Foto Dok Agustina

BORNEOTREND.COM- Legisator Kalimantan Timur (Kaltim) M. Udin menggelar sosialisasi wawasan kebangsaan (Soswabang) untuk memaparkan pentingnya memperahankan rasa cinta tanah air kepada masyarakat, Sabtu (4/3/2023) di Kampung Muara Lawa, Kecamatan Muara Lawa, Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kaltim.

“Wawasan kebangsaan mengandung komitmen dan semangat persatuan untuk menjamin keberadaan dan meningkatkan kualitas hidup bangsa. Konsep kebangsaan merupakan hal yang mendasar bagi bangsa Indonesia,” papar M. Udin.


Ia mengingatkan agar masyarakat tetap menjaga diri dari paham-paham yang bisa memecah belah persatuan dan kesatuan Indonesia. Maka dari itu benteng untuk menjaga itu tiada lain adalah memupuk kecintaan terhadap bangsa dan negara.

Selain itu dirinya menjelaskan manfaat memiliki rasa cinta tanah air adalah timbulnya sifat dan perilaku membela tanah air, menjaga dan melindungi tanah air, rela berkorban demi kepentingan bangsa dan negara, mencintai adat atau budaya yang ada di negara RI dengan menjunjung tinggi dan melestarikan alam dan lingkungan.

“Pengertian cinta tanah air merupakan perasaan bangga dan ikut memiliki sebuah wilayah tertentu. Perasaan ini diwujudkan dalam sikap rela berkorban untuk melindungi wilayahnya dari berbagai ganggungan dan ancaman. Pentingnya rasa cinta tanah air ini menjadikannya sebuah tabiat alamiah manusia yang dimiliki sejak lahir,” ungkap Legislator Komisi I DPRD Kaltim tersebut.

Selain itu dirinya juga menerangkan contoh sikap cinta tanah air dan bangsa Indonesia dapat ditemukan dan dilakukan sehari-hari di lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat. Cinta tanah air merupakan cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan yang tinggi terhadap bahasa, lingkungan fisik, sosial budaya, ekonomi dan politik bangsa.

Hal sederhana menurutnya seperti bangga sebagai bangsa Indonesia, misalnya dengan berbahasa Indonesia dengan baik dan benar. Mencintai kebudayaan Indonesia seperti mengenakan batik dan pakaian adat saat perayaan juga menumbuhkan rasa cinta tanah air.

“Banyak cara menanamkan rasa cinta tanah air, seperti juga menggunakan produk buatan lokal merupakan pernyataan cinta tanah air. Dengan menggunakan produk dalam negeri, turut pula membantu perekonomian negara dan membuka lapangan kerja,” tambah Politisi Partai Golongan Karya ini.

Selain cinta tanah air bisa dicerminkan dengan menghargai perbedaan dilakukan sesuai norma dan hukum yang berlaku di masyarakat dan negara. Bila ada perbedaan, musyawarah untuk mencapai mufakat adalah jalan terbaik. Sedari dini, perlu ditumbuhkan sikap menghormati lain dengan baik tanpa memandang usia, agama, ras, dan budaya.

Dalam kesempatan ini ia juga berpesan kepada ibu-ibu untuk senantisa mendidik anaknya agar belajar sungguh-sunggguh di sekolah dan di rumah, karena itu salah satu  cara untuk mencinta negeri ini. Mulailah dengan mempelajari hal-hal yang berguna untuk kemajuan dan pembangunan negeri.

“Saya juga berpesan kepada seluruh yang hadir yang sudah memiliki hak pilih, gunakan hak pilih kalian saat pemilihan umum nanti. Karena dengan memilih yang terbaik adalah bentuk kecintaan dan peduli terhadap tanah air ini,” pungkasnya.

Kegiatan Soswabang ke-3 DPRD Kaltim yang di gelar legislator M. Udin di Kampung Muara Lawa Kubar tersebut disambut antusias warga dengan kehadiran peserta yang cukup ramai. Ada pun yang bertindak sebagai narasumber yakni Abdul Rasyid dan Fadli Rahman dengan dimoderatori oleh M. Yusuf.

Penulis: Agustina

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال