Perhatian! Bunga Kredit Sudah Mulai Naik Bulan Januari Kemarin

 

KENAIKAN BUNGA: Ilustrasi kenaikan suku bunga -Foto dok suara.com

BORNEOTREND.COM- Efek kenaikan suku bunga acuan Bank Indonesia atau BI 7-Day Reserve Repo Rate mulai terasa ke bunga kredit. Bunga kredit lambat laun mulai mengalami kenaikan.

Hal ini berdasarkan data Bank Indonesia yang mencatatkan, rata-rata bunga kredit meningkat 9,25% pada Januari 2023.


"Sementara itu, suku bunga kredit Januari 2023 tercatat 9,25% atau meningkat 31 bps dibandingkan dengan level Juli 2022," ujar Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (16/2/2023).


Menurut dia, kenaikan ini sejalan dengan masih cukupnya ruang likuiditas perbankan dalam menyalurkan kredit ke konsumen.

"Selain itu, dukungan kebijakan Bank Indonesia yang memberikan insentif Makroprudensial berupa pengurangan GWM Rupiah bagi bank juga mendorong perbankan menyalurkan kredit kepada sektor prioritas dan inklusif," kata dia.

Dalam kesempatan ini, Bank Indonesia mempertahankan suku bunga acuannya di level 5,75%. Keputusan ini berdasarkan rapat dewan gubernur Bank Indonesia yang diselenggarakan pada 15-16 Februari 2023.

Selain itu, Bank Indonesia juga mempertahankan  suku bunga Deposit Facility sebesar 5,00%, dan suku bunga Lending Facility sebesar 6,50%.

Bank Indonesia meyakini bahwa BI7DRR sebesar 5,75% memadai untuk memastikan inflasi inti tetap berada dalam kisaran 3% plus minus 1% pada semester I 2023 dan inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) kembali ke dalam sasaran 3,0±1% pada semester II 2023.

Kebijakan stabilisasi nilai tukar Rupiah untuk mengendalikan inflasi barang impor (imported inflation) diperkuat dengan pengelolaan devisa hasil ekspor melalui implementasi operasi moneter valas Devisa Hasil Ekspor (DHE) sesuai dengan mekanisme pasar. 

Sumber: suara.com

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال