Tala Ingin Bangun Pabrik Minyak Makan Merah

 

Anggota DPR RI Komisi II Fraksi PDIP Muhammad Rifqinizamy Karsayuda, Bupati Tala HM Sukamta terlibat perbincangan dengan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki.
()


BORNEOTREND.COM - Kabupaten Tanah Laut (Tala) melalui Koperasi Sawit Makmur saat ini sudah memiliki pabrik kelapa sawit yang kapasitas produksi CPO-nya mencapai 150 hingga 200 ton per hari, dengan keberadaan pabrik ini Bupati HM Sukamta mengajukan permohonan kepada Menteri Koperasi dan UKM untuk membantu membangun pabrik minyak makan merah. 


Hal ini terungkap saat bupati melakukan kunjungan kerja ke Kementerian Koperasi dan UKM (KemenKopUKM) dalam rangka pembangunan rumah produksi bersama UMKM Pabrik Karet di Koperasi Bokar Tala dan Pembangunan Pabrik Minyak Makan Merah di Koperasi Sawit Makmur, Rabu (11/1/2023), di Gedung KemKopUKM RI, Jakarta Selatan. 

“Kami harap pak menteri bisa membantu koperasi kami untuk bisa membangun pabrik minyak makan merah, karena ini akan memberikan kontribusi yang luar biasa sekaligus kami bisa memberi garansi jika terjadi kelangkaan minyak goreng,” ujar Sukamta, saat diterima langsung oleh Teten Masduki, Menteri KemenKopUKM.

Pada kesempatan ini Sukamta juga memaparkan, keinginan untuk membangun pabrik minyak makan merah ini sejalan dengan persiapan Kabupaten Tala yang lokasinya juga dekat dengan Ibu Kota Negara (IKN), untuk memberikan kontribusi langsung terhadap keberadaan IKN. 

Dijelaskan, Kabupaten Tala saat ini memiliki luasan kawasan kelapa sawit sekitar 12 ribu hektar yang dimiliki oleh rakyat, tersebar delapan kecamatan 32 desa dan semakin berkembang sampai saat ini. Keberadaan pabrik kelapa sawit yang sudah mempunyai kapasitas produksi CPO hingga 200 ton per hari ini memberikan kontribusi pajak ke Negara sekitar Rp 47 miliar per tahun. 

Menanggapi hal ini, Teten Masduki menyambut baik dan memberikan apresiasi terhadap apa yang sudah dilakukan Kabupaten Tala melalui Koperasi Sawit Makmur. Teten juga mengakui, dengan berdirinya pabrik minyak makan merah akan membuat petani menjadi lebih sejahtera. 

“Tentu ini dapat meningkatkan kesejahteraan petani dengan mengolah dan memproduksi sendiri minyaknya, terlebih mengandung gizi yang tinggi untuk vitamin A dan E-nya,” ujarnya.

Teten Masduki juga menyanggupi akan berhadir untuk melakukan peresmian keberadaan Pabrik Kelapa Sawit di Koperasi Sawit Makmur, yang saat ini meski sudah berproduksi tapi keberadaan pabriknya belum diresmikan. 

Pada kunjungan kerja ini bupati juga menyampaikan keinginan untuk membangun rumah produksi bersama UMKM Pabrik Karet di Koperasi Bokar Tanah Laut. Dalam kunjungan ini bupati didampingi langsung Anggota DPR RI Komisi II Fraksi PDIP Muhammad Rifqinizamy Karsayuda, Kadis Koperasi Usaha Kecil dan Perdagangan, Inspektur Tala, Kadis Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan, Ketua Koperasi Sawit Makmur, dan Ketua Koperasi Bokar.

Sumber: Prokopim Tala


Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال