Panen Raya Jagung, TNI AL Banjarmasin Dukung Program Ketahanan Pangan

PANEN JAGUNG: Danlanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko MTr Hanla bersama pengurus Jalasenastri Cabang 4 Korcab XIII DJA II, tokoh masyarakat, Kelompok Tani Jaya Mulya serta para tamu dan undangan lainnya melaksanakan panen raya jagung – Foto Dok


BORNEOTREND.COM – Prajurit TNI AL Banjarmasin bersama warga melakukan panen raya jagung jenis hibrida di lahan ketahanan pangan binaan Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin bertempat di Desa Trans AL Tambang Ulang, Kecamatan Tambang Ulang, Kabupaten Tanah Laut, Rabu (11/1/2023).

Hasil panen raya jagung di lahan seluas 2 hektare tersebut secara keseluruhan mencapai 4.400 kilogram.

Komandan TNI AL (Danlanal) Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbiyantoko MTr Hanla menjelaskan, lahan pertanian tersebut dikerjakan oleh Prajurit TNI AL Banjarmasin dengan warga setempat, mulai dari proses penanaman, perawatan dan pengelolaan sampai dengan jagung siap dipanen yang membutuhkan waktu selama 90 hari atau 3 bulan.

“Panen raya jagung di tempat yang sama ini sudah kita laksanakan tiga kali yaitu pada tanggal 10 Januari 2022 dan 23 November 2022 dan memperoleh hasil sebanyak 7.000 kilogram,” kata Danlanal didampingi Perwira Stafnya.

Pada kesempatan itu, Danlanal Banjarmasin mengimbau kepada masyarakat yang berprofesi sebagai petani untuk bisa memanfaatkan lahan guna menghidupkan perekonomian sebagai sumber ketahanan pangan nasional maupun di daerah.

"Tanaman jagung yang sudah dipanen tersebut merupakan keberhasilan dan keseriusan Prajurit Lanal Banjarmasin untuk membantu dan mensukseskan kemajuan ekonomi di lapisan masyarakat serta sebagai aksi cepat tanggap TNI Angkatan Laut terhadap permasalahan ataupun kesulitan rakyat melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara," jelasnya. 

Usai panen raya jagung, Ketua Kelompok Tani Jaya Mulya warga Trans AL Tambang Ulang, Slamet mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada TNI Angkatan Laut yang sudah berperan aktif membantu  perekonomian dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Alhamdulillah dikegiatan ini dihadiri juga oleh pengurus Jalasenastri Cabang 4 Korcab XIII DJA II, tokoh masyarakat, Kelompok Tani Jaya Mulya serta para tamu dan undangan lainnya," pungkasnya.

Penulis: Fathur

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال