Kapolres Balangan Jadi Warga Kehormatan Dayak Halong

HADIRI ARUH: Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin menghadiri Aruh Adat Mambatur di Desa Kapul, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan – Foto Dok


BORNEOTREND.COM - Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin dinobatkan menjadi warga kehormatan Suku Dayak Halong oleh Dewan Adat Dayak Balangan saat menghadiri kegiatan Aruh Adat Mambatur di Desa Kapul, Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan.

"Terima kasih kepada warga dan Dewan Adat Dayak Halong telah menyambut saya saat dalam bertugas di sini. Ini juga sekaligus menjadi silaturahmi kepada warga adat setempat," kata Riza di Paringin, Minggu (29/1/2023).

Kapolres menuturkan, kepemimpinannya selama hampir satu bulan di wilayah hukum Kabupaten Balangan menjadi semangat baru baginya bersama dengan masyarakat untuk menciptakan suasana yang kondusif.

Dia melanjutkan, Polri juga memiliki kerjasama dengan pengurus Adat Dayak Balangan dalam membantu generasi muda Dayak yang ingin menjadi anggota polisi.

Melalui jalur afirmatif, sebanyak empat putra daerah suku Dayak lulus seleksi dan menjadi anggota polisi.

Menurut AKBP Riza, generasi muda suku Dayak bisa menggunakan kesempatan tersebut dengan baik bagi yang ingin menjadi anggota kepolisian untuk mempersiapkan diri sejak awal. 

Sementara, Ketua Dewan Adat Dayak (DAD) Balangan, Mandan mengaku bangga dengan kehadiran Kapolres Balangan, terlebih Kapolres merupakan putera daerah yang juga menjadi semangat bagi generasi muda suku Dayak untuk meraih kesuksesan. 

"Setiap menggelar kegiatan adat kami selalu bekerjasama dengan anggota kepolisian dan berharap bisa terus berlanjut," kata Mandan. 

Pada kegiatan aruh adat tersebut, Kapolres juga turut menyaksikan prosesi menombak kerbau yang dikorbankan dalam aruh adat, yang mana terdapat tiga ekor kerbau yang terdiri dari dua jantan dan satu betina.

Diketahui, Aruh Adat Mambatur adalah puncak kegiatan untuk memperingati anggota keluarga yang sudah meninggal. Orang tua yang sudah meninggal dibangunkan rumah-rumahan untuk kubur mereka dan dalam rangkaiannya diisi dengan kegiatan menombak kerbau.

Penulis: Sri Mulyani

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال