Kades Yang Baru Dilantik Ikuti Pelatihan

FOTO BERSAMA: Kepala DSPMD Barsel Selviriyatmi foto bersama dengan para kepala desa yanng mengikuti pelatihan awal masa jabatan Kepala Desa TA 2023, di Aula DSPMD Barsel – Foto Dok


BORNEOTREND.COM - 20 orang kepala desa (kades) yang baru menjabat mengikuti pelatihan awal masa jabatan kepala desa, di Aula Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DSPMD) Kabupaten Barsel, Kamis (26/1/2023).

Kepala DSPMD Barsel Selviriyatmi SP MSi mengatakan, kades yang mengikuti pelatihan tersebut adalah yang baru dilantik pada bulan Desember 2022 lalu.

“Mereka terdiri dari 17 orang kades yang merupakan hasil dari pilkades serentak tahun 2022 dan 3 orang PAW kades,” kata Selvi kepada para wartawan, usai kegiatan.

Dia mengatakan, pelatihan itu dimaksudkan untuk menyamakan persepsi dalam menyusun langkah-langkah pelaksaan kegiatan desa sehingga dengan demikian para Kades betul-betul memahami tugas pokok dan fungsi dalam memimpin desa, dan betul-betul memahami pengelolaan keungan desa agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Pelatihan ini merupakan langkah-langkah kita dalama upaya meningkatkan pengetahuan para kades, sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Selvi.

Wanita berhijab ini juga mengungkapkan, pada saat rapat kerja di Sentul beberapa waktu lalu yang dihadiri oleh seluruh kepala daerah se-Indonesia, bahwa Kepala Kejaksaan Agung (Kajagung) mengatakan kalau banyak kepala daerah yang mengeluh karena realisasi penyerapan dana desa yang tidak mencapai 100 persen.

“Waktu itu Kajagung menegas bahwa Kejaksaan tidak boleh langsung memeriksa keuangan desa, tanpa terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan oleh inspektorat. Kecuali kalau sudah ada penyelewengan. Kalau seandainya ada laporan dari masyarakat ke kejaksaan, maka kejaksaan harus terlebih dahulu konfirmasi ke Inspektorat, dan Inspektoratlah yang melakukan lidsus,” tandas Selvi.

Adapun narasumber pelatihan awal masa jabatan kades tersebut berasal dari DSPMD Barsel, Asisten II Setda Barsel dan dari Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (TAPM-P3MD) Kementrian Desa.

Penulis: Digdo

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال