HMJ MPI UIN Antasari Banjarmasin Bantu Pembinaan Kampung Mualaf Desa Palapi Kecamatan Halong

AJARI MEMBACA QUR’AN: Mahasiswa UIN Antasari Banjarmasin yang tergabung dalam HMJ MPI Fakultas Tarbiyah mengajari warga Desa Palapi Kecamatan Halong khususnya yang baru mualaf cara membaca Al-Qur’an – Foto Dok

BORNEOTREND.COM - Bidang Keagamaan Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam (HMJ MPI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) Universitas Islam Negeri (UIN) Antasari Banjarmasin ikut membantu pembinaan Kampung Mualaf di Desa Palapi, Kecamatan Halong, Kabupaten Balangan selama satu minggu sejak tanggal 15 hingga 21 Januari 2023.

Agus Salim yang menjabat sebagai Ketua Bidang Keagamaan HMJ MPI Fakultas Tarbiyah UIN Antasari Banjarmasin menjelaskan, bidang keagamaan merupakan salah satu bidang yang dibentuk berdasarkan survei, agar bidang yang dihadirkan sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan masyarakat Halong.

"Orang-orang di Desa Palapi, Halong ini sifatnya baik dan ramah sekali. Jujur saya ingin lebih lama lagi di sana, karena saya ingin mengajari warga di sana mengaji terkhusus bagi mereka yang baru mualaf. Dengan adanya bidang keagamaan ini saya berharap orang-orang di Kampung Mualaf ini bisa lebih baik lagi dalam proses memperdalam agama Islam," katanya, Minggu (22/1/2023).

Sementara itu, Tokoh Agama Islam di Desa Palapi Kecamatan Halong, Ustadz Badarrudin mewakili panitia mualaf mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas kontribusi seluruh mahasiswa UIN Antasari yang telah berpartisipasi dalam pembinaan mualaf dalam satu minggu pengabdian.

“Ke depannya saya berharap kegiatan seperti ini bisa diwujudkan kembali demi kemajuan mualaf terkhusus untuk memompa semangat mereka untuk lebih semangat lagi untuk memperdalam ilmu-ilmu keagamaan, terkhusus keilmuan yang berkaitan dengan masalah ibadah, tauhid dan sebagainya," imbuhnya.

Salah serorang warga Desa Palapi Kecamatan Halong, Rizki mengatakan bahwa masyarakat sangat terbantu dengan keberadaan mahasiswa UIN Antasari karena mereka kekurangan tenaga pembelajaran agama Islam untuk para mualaf. 

“Saya berharap ke depannya kegiatan semacam ini terus berkelanjutan agar masyarakat kami bisa menambah pengalaman karena kami merespon baik serta mendukung penuh kegiatan seperti ini," pungkasnya.

Penulis: Fathur

Lebih baru Lebih lama
Pilkada-Kota-BJB

نموذج الاتصال